Laptop RISC-V Pertama Diumumkan Dengan CPU Quad-Core, RAM 16GB, Dukungan Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

RISC-V International telah menyampaikan kepada kami bahwa di China, organisasi DeepComputing dan Xcalibyte telah mengumumkan pra-pemesanan pada laptop RISC-V pertama yang ditujukan untuk pengembang. Platform pengembangan “ROMA” menampilkan prosesor RISC-V quad-core, hingga 16GB RAM, hingga 256GB penyimpanan, dan harus bekerja dengan sebagian besar distribusi Linux RISC-V. Platform pengembangan ROMA terdengar menarik dengan CPU RISC-V quad-core (walaupun frekuensi clock tidak dicatat), akselerator GPU/NPU, RAM LPDDR4/LPDDR4X hingga 16GB, penyimpanan hingga 256GB, dan klaim kemampuan upgrade untuk laptop “dengan diskon besar atau gratis.” DeepComputing dan Xcalibyte mengatakan laptop ini menggunakan prosesor RISC-V quad-core “tanpa pemberitahuan” sehingga sangat ringan pada detailnya. Tapi sejujurnya jika itu bukan kontak PR Internasional RISC-V yang menyampaikan ini kepada saya, itu terdengar lebih seperti pengumuman satire. Siaran pers ROMA hari ini melanjutkan dengan catatan, “Platform ramah Web3 dengan pembuatan dan publikasi NFT ditambah dompet bergaya MetaMask terintegrasi, ROMA akan menciptakan pengalaman yang lebih terintegrasi dengan kacamata AR masa depan dan speaker AI yang beroperasi sepenuhnya pada perangkat lunak RISC-V dan didukung oleh perangkat keras RISC-V.” Kuantitas juga dikatakan terbatas untuk laptop ROMA ini, yang kemungkinan akan memberikan harga premium. Siaran pers mereka yang penuh dengan kata kunci dan sedikit detail teknis melanjutkan dengan catatan, “100 pelanggan pertama yang melakukan pra-pemesanan ROMA akan menerima NFT unik untuk menandai kelahiran laptop platform pengembangan RISC-V asli pertama di dunia. Dan Anda dapat mengukir ROMA Anda secara pribadi dengan nama atau nama perusahaan Anda.” Berbicara tentang harga, siaran pers mereka yang berisi kata kunci mengarahkan pelanggan yang tertarik ke halaman web ini. Meskipun pada saat penulisan saya tidak melihat area pra-pemesanan yang sebenarnya melainkan hanya formulir web untuk memasukkan nama dan informasi kontak Anda dan jumlah yang diinginkan. Tidak ada kabar tentang harga perusahaan atau ketersediaan yang diharapkan. Bahkan tidak ada render apa pun dari laptop ini seharusnya terlihat seperti … Tampaknya sejauh mana informasi publik tentang laptop pengembangan RISC-V ROMA selain dari siaran pers yang dikirim melalui email untuk mengumumkan perangkat hari ini.

Jadi sekarang pengumuman ini hanya menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban, tetapi kami tentu menantikan untuk mendengar lebih banyak tentang laptop RISC-V…

Itulah berita seputar Laptop RISC-V Pertama Diumumkan Dengan CPU Quad-Core, RAM 16GB, Dukungan Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.