Lebih Banyak Arm SoCs, Smartphones & NVIDIA Control Backbone Bus Diaktifkan Dengan Linux 6.1

  • Post author:
  • Post category:Linux

Arm SoC dan permintaan penarikan pengaktifan platform dikirim pagi ini yang menyediakan kernel Linux 6.1 dengan dukungan untuk beberapa SoC baru, berbagai platform termasuk beberapa ponsel cerdas yang lebih baru, dan peningkatan dukungan perangkat keras lainnya.
Ada beberapa SoC baru pada putaran ini termasuk untuk Mediatek MT8186. Namun yang paling penting masih absen dari kernel Linux 6.1 arus utama adalah belum ada dukungan upstream untuk Apple M1 Ultra SoC. Dukungan Apple M1 Ultra terus dikerjakan dan dapat digunakan dengan Asahi Linux build hilir. Peluncuran SoC AMD Pensando Elba juga mendekati garis finish tetapi tidak berhasil untuk Linux 6.1. Ada juga beberapa smartphone lagi yang bekerja dengan kernel arus utama sekarang, termasuk PinePhone Pro.

– SoC baru yang didukung oleh Linux 6.1 termasuk Mediatek MT8186 sebagai SoC yang berfokus pada Chromebook/tablet, TI AM62A yang merupakan bagian dari keluarga K3, NXP i.MX8DXL sebagai anggota lain dari keluarga i.MX8, dan Qualcomm IPQ8064- v2.0 / IPQ8062 / IPQ8065 SoC sebagai varian IPQ8064.
– Beberapa smartphone baru dapat menjalankan kernel Linux 6.1 arus utama termasuk Sony Xperia 1 IV dan Samsung Galaxy E5 / E7 / Grand Max.
– PINE64 PinePhone Pro juga sekarang bekerja dari kernel Linux 6.1 arus utama sebagai penyebutan penting.
– Berbagai pengembang/papan referensi untuk SoC lain juga sekarang diaktifkan dengan Linux 6.1.
– Dua platform server terkenal dengan ASpeed ​​AST2600 BMC sekarang didukung: platform referensi DaytonaX AMD untuk Milan-X dan Ampere Mt Mitchell.
– Driver baru untuk penanganan kesalahan pada NVIDIA Tegra Control Backbone Bus “CBB”. Driver NVIDIA Control backbone Bus 2.0 ini untuk NVIDIA Grace CPU (Tegra241) serta Jetson AGX Orin (Tegra234). Ada juga driver CBB 1.0 sebagai bagian dari permintaan tarik ini untuk SoC Xavier (Tegra194).
– Driver baru untuk pengukuran bandwidth memori Qualcomm LLCC/DDR.
– Mengaktifkan lebih banyak driver Qualcomm sebagai bagian dari konfigurasi kernel default.
Lihat seri tarik ini untuk detail lebih lanjut tentang semua perubahan Arm SoC/platform yang datang dengan Linux 6.1.

Itulah berita seputar Lebih Banyak Arm SoCs, Smartphones & NVIDIA Control Backbone Bus Diaktifkan Dengan Linux 6.1, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.