Lebih Banyak Pengaktifan Radeon RDNA3, Fitur SubVP Ditambahkan Ke AMDGPU Untuk Linux 5.20

  • Post author:
  • Post category:Linux

Batch terakhir pembaruan fitur untuk driver AMDGPU/AMDKFD dikirimkan sore ini ke DRM-Next untuk antrian menjelang pembukaan jendela penggabungan Linux 5.20 akhir bulan ini.
Sudah di DRM-Next untuk Linux 5.20 adalah persiapan lanjutan untuk RDNA3 dan akselerator Insting berbasis CDNA AMD generasi berikutnya. Meskipun dengan pendekatan pengaktifan perangkat keras baru mereka, semuanya dilakukan berdasarkan blok demi blok dan kurang jelas untuk melihat status dukungan keseluruhan dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya dari patch driver Linux yang datang dengan nama kode mencurigakan yang berwarna-warni.
Harapannya — tetapi tanpa konfirmasi resmi — adalah bahwa dukungan Linux 5.20 akan “cukup baik” untuk setidaknya kartu grafis Radeon RX 7000 “RDNA3” yang akan diluncurkan akhir tahun ini. Tetapi pada tahap ini hanya harapan dan harapan berdasarkan waktu siklus kernel dan bagaimana hal itu dimainkan dengan distribusi Linux… Jika RDNA3 tidak baik untuk digunakan dengan Linux 5.20 untuk dukungan saat peluncuran, itu akan mengecewakan dan berarti setiap pelanggan awal mungkin perlu memutar kernel mereka sendiri dengan patch terbaru atau mengandalkan build kernel pihak ketiga, dll.
Dikirim hari ini sebagai fitur terakhir yang ditarik ke DRM-Next menjelang cut-off untuk materi Linux 5.20 adalah lebih banyak perubahan driver kernel AMDGPU dalam persiapan untuk perangkat keras baru. Ada pembaruan untuk blok Display Core Next (DCN) v3.2, dukungan DCN 3.1.4, pembaruan SMU13, penanganan soft-reset untuk grafik GFX11 (RDNA3), dan penanganan soft-reset untuk blok SDMA 6. Dukungan penanganan soft-reset untuk GFX11 sangat berguna jika terjadi hang.
Juga sebagai bagian dari tarikan hari ini adalah perbaikan untuk DisplayPort Multi-Stream Transport (DP MST), perbaikan audio, menyesuaikan ukuran GART pada APU yang lebih baru untuk dukungan tampilan Scatter/Gather, permintaan status GFXOFF untuk APU VanGogh, penyematan domain objek buffer yang ditingkatkan , dan beberapa perubahan AMDKFD juga.
Tarikan ini juga mencatat “dukungan DC SubVP” yang ditambahkan. Fitur “SubVP” untuk Display Core (DC) ini adalah untuk fungsionalitas Sub Viewport, berdasarkan patch kode yang mengaktifkan SubVP. Fitur Sub Viewport ini tampaknya merupakan fitur perangkat keras DCN 3.2 baru tetapi kode atau pesan komit tidak menguraikan semua kemampuan fungsi SubVP ini.
Tarik yang menguraikan semua perubahan AMDGPU/AMDKFD yang tersisa yang ditujukan untuk Linux 5.20 ini dapat ditemukan melalui permintaan tarik ini.

Itulah berita seputar Lebih Banyak Pengaktifan Radeon RDNA3, Fitur SubVP Ditambahkan Ke AMDGPU Untuk Linux 5.20, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.