Lingkungan Desktop KDE Plasma 5.25 Sudah Keluar Sekarang, Ini Yang Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek KDE hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum KDE Plasma 5.25 sebagai seri stabil terbaru dari lingkungan desktop grafis tercinta untuk distribusi GNU/Linux.

Empat bulan dalam pembuatan, seri lingkungan desktop KDE Plasma 5.25 hadir untuk memperkenalkan produk baru yang menarik fitur seperti kontrol penuh Mode Tablet dari sesi Wayland dan X11, gerakan touchpad mengikuti jari baru (1:1) untuk perangkat yang ramah sentuh, jendela konfigurasi untuk KRunner, serta mode mengambang baru untuk panel yang terlepas dari bagian bawah layar agar terlihat lebih seperti dock.

KDE Plasma 5.25 juga dilengkapi dengan penulisan ulang lengkap dari Windows Present dan Desktop Grid, sinkronisasi otomatis warna aksen dengan wallpaper desktop (mendukung wallpaper slideshow juga), kemampuan untuk mewarnai semua warna skema warna apa pun menggunakan warna aksen, dan efek pudar silang baru yang mulus saat mengubah antara skema warna lama dan baru.

Ther e juga mendukung untuk mengonfigurasi semua tombol perangkat Wacom ExpressKey Remote, kemampuan untuk mengakses dan memanipulasi tata letak Plasma yang ditetapkan ke layar lain dari lokasi pusat di bilah alat Mode Edit global, aplikasi “Crashed Processes Viewer” baru, serta kemampuan untuk memilih bagian dari tata letak desktop yang ingin Anda ubah saat menerapkan Tema Global di Pengaturan Sistem.

Selain itu, KDE Plasma sekarang dilengkapi Mode Sentuh yang menghadap pengguna yang menyala setiap kali layar dilepas atau diputar 360 derajat, memungkinkan Anda mengedit skema warna untuk membuat warna aksen secara halus mewarnai semua warnanya dan mengatur warna aksen agar dihasilkan secara otomatis berdasarkan warna wallpaper desktop Anda saat ini, dan menyempurnakan aplikasi Monitor Sistem dengan opsi baru untuk membuat halaman mulai memuat data segera setelah aplikasi dibuka.

Untuk sesi Plasma Wayland, KDE Plasma 5.25 meningkatkan gerakan layar sentuh multi-jari dan gerakan “geser” untuk mengalihkan desktop virtual ke follo dengan jari Anda, meningkatkan pengalaman pengguna untuk gamer dengan menonaktifkan tindakan tepi layar, menambahkan kemampuan untuk mengubah resolusi layar ke resolusi di luar yang didukung secara resmi, dan menambahkan dukungan untuk protokol “pemulihan sesi screencast” untuk integrasi aplikasi yang lebih baik menggunakan Portal XDG, seperti Flatpaks dan Snaps.

Juga ditingkatkan di KDE Plasma 5.25 adalah manajer paket grafis Plasma Discover, yang menerima halaman Aplikasi yang didesain ulang, kemampuan untuk menampilkan tingkat akses aplikasi ke sumber daya di sistem Anda, dukungan untuk menghapus pengaturan dan data pengguna aplikasi Flatpak, kemampuan untuk memperingatkan pengguna tentang risiko menginstal perangkat lunak berpemilik, dukungan untuk menunjukkan ukuran aplikasi yang diinstal dan konten lainnya di halaman “Terpasang”, serta dukungan untuk portal “Peluncur dinamis” untuk integrasi yang lebih baik dari aplikasi Flatpak dan Snap.

Di antara perubahan penting lainnya, KDE Plasma 5.25 menambahkan dukungan untuk mengaktifkan efek KWin menggunakan layar sentuh gesekan tepi, memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak lokasi dan tempat ke daftar / kisi “Favorit” di Kickoff, Kicker, dan Dasbor Aplikasi, menambahkan opsi untuk mengecualikan jendela yang diperkecil dari efek Tinjauan, menambahkan efek langsung ke fitur Warna Malam, dan memperbarui halaman “Tentang Sistem ini” Pusat Info untuk menampilkan informasi yang lebih relevan tentang perangkat keras Anda.

Tapi tunggu, masih ada lagi! KDE Plasma 5.25 hadir dengan dukungan yang lebih baik untuk aplikasi GTK yang menggunakan tema Breeze GTK agar sesuai dengan gaya aplikasi Qt/KDE, menambahkan kemampuan untuk mengedit perintah Halt dan Reboot di halaman System Settings’ Login Screen (SDDM), memperkenalkan “ goyang” untuk layar login ketika kredensial yang salah dimasukkan, dan memperbarui banyak applet, widget, dan berbagai halaman Pengaturan Sistem dengan fitur dan peningkatan baru.

Lingkungan desktop KDE Plasma 5.25 akan segera masuk ke repositori perangkat lunak yang stabil dari berbagai distribusi GNU/Linux populer yang dikirimkan bersama KDE Plasma, termasuk KDE neon, openSUSE Tumbleweed, Garuda Linux KDE Edition, Arch Linux, dan bahkan Kubuntu dengan menggunakan Kubuntu Backports PPA. KDE Plasma 5.25 akan didukung dengan lima pembaruan pemeliharaan hingga September 2022.

Sumber: Google, 9to5linux.com