Linus Torvalds Mengumumkan Kandidat Rilis Kernel 6.0 Linux Pertama

  • Post author:
  • Post category:Linux


Linus Torvalds memulai siklus pengembangan seri kernel Linux 6.0 yang akan datang dan hari ini mengumumkan ketersediaan pencapaian Release Candidate (RC) pertama untuk pengujian publik.

Dua minggu telah berlalu sejak rilis kernel Linux 5.19, yang juga merupakan kernel terakhir rilis di seri Linux 5.x, dan pembukaan jendela penggabungan untuk kernel Linux 6.0.

Sekarang, jendela penggabungan untuk Linux 6.0 sekarang secara resmi ditutup dan pencapaian Kandidat Rilis (RC) pertama siap untuk penguji dan terobosan pengguna yang ingin merasakan lebih awal tentang apa yang akan disertakan dalam rilis final, yang diharapkan pada awal Oktober 2022.

Menurut Linus Torvalds, semua perubahan besar telah digabungkan dan kernel Linux 6.0 tampaknya menjadi rilis lain yang cukup besar dengan yang lain serangkaian perbaikan hebat untuk pengguna AMD GPU. Sekitar 60% dari rilis adalah driver baru dan diperbarui untuk dukungan perangkat keras yang lebih baik, tetapi ada juga pembaruan arsitektur, sistem file dan peningkatan perkakas, serta perubahan acak di seluruh untuk meningkatkan kinerja. secara fundamental berbeda tentang rilis ini,” kata Linus Torvalds. “Saya sudah lama menghindari gagasan bahwa angka utama bermakna, dan satu-satunya alasan untuk sistem penomoran “hierarkis” adalah untuk membuat angka lebih mudah diingat dan dibedakan. Itulah sebabnya ketika angka minor mencapai sekitar 20, saya lebih memilih untuk menaikkan angka mayor saja dan mengatur ulang ke angka yang lebih kecil.”
Seperti yang disebutkan sebelumnya, rilis kernel Linux 6.0 final diharapkan pada awal Oktober, baik pada tanggal 2 atau 9 , yang sepenuhnya tergantung pada berapa banyak pencapaian Release Candidate (RC) yang akan diumumkan hingga saat itu, sesuatu yang hanya diketahui oleh Linus Torvalds.

Sampai saat itu, jika Anda ingin menggunakan seri kernel Linux 6.0 yang akan datang untuk test drive terhadap perangkat keras Anda, Anda dapat mengunduh Rilis Kandidat (RC1) pertama dibangun sekarang dari situs web kernel.org. Namun, harap diingat bahwa ini adalah versi pra-rilis jadi jangan menginstalnya di mesin produksi!

Sumber: Google, 9to5linux.com