Linux 5.15.35 Dirilis Dengan Perbaikan Kinerja Penting Untuk Intel Alder Lake

Bagi mereka yang menggunakan kernel Linux 5.15 LTS seperti Ubuntu 22.04 dengan menggunakan kernel dukungan jangka panjang ini secara default, Linux 5.15.35 keluar hari ini dan merupakan rilis poin penting untuk mem-back-port perbaikan driver Intel P-State untuk Sistem Intel Alder Lake yang menghasilkan kinerja yang jauh lebih baik dalam memutuskan dengan tepat antara pemilihan inti P dan E. Berikut adalah beberapa tolok ukur pada Ubuntu 22.04 LTS dengan Linux 5.15.35 terhadap opsi kernel lainnya.

Ini dimulai minggu lalu di mana saya mencatat CPU Intel Alder Lake dengan campuran inti P/E melihat kinerja kasar di luar kotak pada rilis Ubuntu 22.04 LTS yang akan segera terjadi dan akan lebih baik pindah ke versi kernel Linux yang lebih baru (Linux 5.16+). Artikel itu memiliki banyak tolok ukur yang menunjukkan bagaimana kernel Linux 5.15 LTS Ubuntu 22.04 dalam kondisi kasar untuk CPU hybrid Intel dan juga menunjukkan tambalan di Linux 5.16+ yang diperlukan untuk meningkatkan penanganan driver Intel P-State pada generasi terbaru ini CPUs.

Perbaikan kecil tapi penting yang di-porting kembali dengan Linux 5.15.35.

Sementara patch tersebut telah keluar dan masuk arus utama sejak November, mengikuti artikel minggu lalu, Canonical kemudian melanjutkan dan mengirimkan patch untuk disertakan di Linux 5.15 stable. Itu diambil ke dalam antrian dan sekarang dirilis hari ini sebagai bagian dari rilis titik Linux 5.15.35.

Pada gilirannya Ubuntu 22.04 akan melihat pembaruan rilis stabil segera menarik ini dan patch 5.15 LTS lainnya. Pada gilirannya distribusi Linux lain yang mengandalkan kernel Linux 5.15 LTS juga akan menikmati perbaikan kinerja Alder Lake ini jika mereka belum mem-back-port sendiri. Untuk pengguna Alder Lake Linux, saya tetap merekomendasikan menjalankan Linux 5.16+ untuk kinerja/fitur terbaik, terutama karena Linux 5.15.35+ out-of-the-box masih memiliki grafik Alder Lake yang dinonaktifkan secara default kecuali melewati kernel i915 yang sesuai opsi modul, dll.

Untuk mengonfirmasi perbaikan di v5.15.35, saya menjalankan beberapa tolok ukur rilis kernel baru ini dibandingkan dengan v5.15.34, kernel default Ubuntu 22.04, dan juga Linux 5.17 untuk referensi. Tolok ukur dalam artikel ini dilakukan pada sistem desktop Core i7 12600K “Alder Lake”. Artikel minggu lalu menampilkan prosesor Core i9 12900K sedangkan untuk artikel ini hanya menggunakan sistem yang sama sekali berbeda untuk menyoroti dampak kinerja yang sama signifikan dari perbaikan ini. Seperti disebutkan sebelumnya, sementara tambalan ini menyebutkan perbaikan untuk sistem “overclock”, CPU untuk pengujian berjalan pada kecepatan standarnya dan “overclock” hanya dapat berjalan dalam konfigurasi BIOS yang dioptimalkan / konfigurasi memori yang optimal.

Itulah berita seputar Linux 5.15.35 Dirilis Dengan Perbaikan Kinerja Penting Untuk Intel Alder Lake, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.