Linux 5.18 Bersiap Untuk Rilis – Terutama Berat Dengan Banyak Perubahan Intel & AMD

Minggu ini cukup lancar dan Linus Torvalds diharapkan hari Minggu ini untuk secara resmi merilis kernel stabil Linux 5.18. Kecuali dia memiliki reservasi menit terakhir dan memutuskan untuk memperpanjangnya seminggu ekstra, Linux 5.18 akan keluar dengan stabil dan dengan itu datang banyak fitur baru — terutama untuk menguntungkan produk AMD dan Intel dari CPU ke GPU. Linux 5.18 memiliki sejumlah besar perubahan seperti biasa. Di bawah ini adalah beberapa item yang paling menarik perhatian saya, terutama yang berkaitan dengan peningkatan kerja Intel dan AMD menjelang peluncuran produk baru dan pendaratan driver baru lainnya.

Linux 5.18 memiliki banyak tambahan Intel siklus ini termasuk driver Hardware Feedback Interface (HFI) baru untuk prosesor hybrid seperti Alder Lake, Software Defined Silicon (SDSi) digabungkan untuk mengaktifkan fitur silikon berlisensi dengan CPU Intel masa depan, Intel Indirect Branch Tracking (IBT) sebagai bagian dari Control-Flow Enforcement Technology, ENQCMD diaktifkan kembali untuk Sapphire Rapids, dan banyak lagi. Intel PECI sebagai Antarmuka Kontrol Lingkungan Platform juga digabungkan untuk antarmuka antara CPU dan BMC pada platform server Intel. Persiapan untuk virtualisasi Intel IPI juga mendarat di 5.18 sementara pengaktifan yang sebenarnya harus ada di sini untuk siklus v5.19. Untuk Intel di bidang grafis, Linux 5.18 menghadirkan dukungan sub-platform DG2 G12, dukungan grafis Intel Alder Lake N, dan berbagai bit pengaktifan DG2/Alchemist. Tapi itu untuk Linux 5.19 di mana sepertinya dukungan Arc Graphics DG2/Alchemist akan semuanya dalam kondisi yang baik untuk peluncuran awal kartu grafis desktop di bulan-bulan mendatang. Di sisi AMD ada pembaruan penjadwal seputar penyeimbangan NUMA yang secara khusus dapat lebih meningkatkan kinerja server AMD EPYC. Ada juga driver AMD HSMP baru untuk Host System Management Port pada platform server AMD. Ada juga persiapan AMD EDAC untuk CPU Zen 4, peningkatan virtualisasi bersarang AMD, dan persiapan Zen 4 lainnya. KVM dengan Linux 5.18 juga sekarang mendukung mesin virtual AMD hingga 511 vCPU, naik dari batas 255 vCPU saat ini dan lebih maju dari server EPYC generasi berikutnya yang memberikan jumlah inti yang lebih tinggi dengan Bergamo. Ketika datang ke AMD di bagian depan grafis, Linux 5.18 mengaktifkan “Mode Video” AMDGPU FreeSync secara default sekarang di mana seperti pada kernel sebelumnya disembunyikan di balik opsi modul. Ada juga blok IP awal yang diaktifkan untuk GPU dan APU generasi berikutnya, tetapi lebih banyak lagi yang akan hadir di kernel 5.19. Di luar perubahan AMD dan Intel, Linux 5.18 membawa dukungan arus utama untuk chip Raspberry Pi Zero 2 W dan Full-Self Driving (FSD) Tesla yang diproduksi oleh Samsung. Beberapa item kecil lainnya termasuk pemantauan sensor yang ditingkatkan pada motherboard ASUS yang lebih baru, dukungan Profil Platform ACPI untuk ThinkPad yang didukung AMD, ReiserFS sekarang tidak digunakan lagi, beralih dari C89 ke C11 sebagai standar bahasa kernel Linux C, dan berbagai peningkatan sistem file. Cari tahu lebih lanjut tentang ini dan perubahan lainnya dengan ikhtisar fitur lengkap Linux 5.18 yang jauh lebih besar. Lebih banyak tolok ukur Linux 5.18 dan kemudian cakupan jendela penggabungan Linux 5.19 muncul di Phoronix.

Itulah berita seputar Linux 5.18 Bersiap Untuk Rilis – Terutama Berat Dengan Banyak Perubahan Intel & AMD, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.