Linux 5.18 KVM Mempersiapkan Virtualisasi Intel IPI, VM AMD yang Lebih Besar

  • Post author:
  • Post category:Linux

Batch awal perubahan virtualisasi KVM digabungkan minggu lalu untuk jendela penggabungan Linux 5.18 yang sedang berlangsung.
KVM untuk Linux di sisi x86_64 mencakup berbagai peningkatan Microsoft Hyper-V, persiapan untuk virtualisasi Intel IPI, dukungan untuk dukungan AMD AVIC pada sistem dengan ID APIC fisik di atas 255, peningkatan perpindahan tabel halaman, dan peningkatan lainnya.
Intel telah bekerja pada dukungan virtualisasi IPI untuk KVM tahun lalu dengan itu menjadi fitur baru dari Intel VT-x. Virtualisasi IPI bertujuan untuk menghilangkan VM-exit saat mengeluarkan IPI (inter-processor interrupts) pada vCPU sumber.
Dukungan AMD AVIC untuk sistem dengan ID APIC fisik di atas 255 berada di depan prosesor Zen 4 generasi berikutnya dari AMD. Sementara sekarang dengan Milan bisa ada hingga 256 utas di server soket ganda, dengan EPYC Genoa akan ada hingga 384 utas di server soket ganda atau bahkan 512 utas untuk server soket ganda EPYC Bergamo berdasarkan informasi publik AMD . Dengan demikian AMD telah melakukan persiapan terhadap kernel Linux untuk mendukung VM dengan lebih dari 255 vCPU. AMD sekarang akan mendukung hingga 511 vCPU dengan KVM Linux.
Di sisi Arm ada peningkatan skalabilitas untuk kunci MMU, pengalokasi VMID baru, dukungan yang lebih baik untuk PMU dalam sistem heterogen, dukungan PSCI 1.1, mengurangi overhead keluar VM saat tidak ada interupsi yang tertunda, dan peningkatan lainnya.
Di sisi RISC-V adalah dukungan untuk ekstensi RISC-V SBI v0.3. SBI adalah untuk Antarmuka Biner Pengawas.
Lihat daftar lengkap perubahan Mesin Virtual berbasis Kernel untuk Linux 5.18 melalui permintaan tarik ini yang telah digabungkan ke jalur utama.

Itulah berita seputar Linux 5.18 KVM Mempersiapkan Virtualisasi Intel IPI, VM AMD yang Lebih Besar, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.