Linux 5.19 Berat Pada Manajemen Daya Intel & Peningkatan Termal

Pembaruan manajemen daya, ACPI, dan kontrol termal siap untuk Linux 5.19. Siklus ini ada banyak pekerjaan PM/termal seperti biasa di sisi Arm sementara Intel juga melanjutkan dengan banyak perubahan dari dukungan perangkat keras baru untuk meningkatkan penanganan laptop yang terlalu panas untuk penanganan S0ix.
Selalu sibuk untuk meningkatkan manajemen daya Linux dan penanganan termal untuk perangkat keras dari ponsel cerdas hingga server berkinerja tinggi. Di antara perubahan manajemen daya untuk Linux 5.19 meliputi:
– Driver pembatasan daya Intel Run-Time Average Power Limiting (RAPL) menambahkan dukungan untuk prosesor Raptor Lake dan Alder Lake N.
– Dukungan Alder Lake di driver Intel Idle.
– Driver Intel P-Strate sekarang menangani penanganan invarians frekuensi dengan benar saat mode turbo dinonaktifkan menggunakan antarmuka sysfs /sys/devices/system/cpu/intel_pstate/no_turbo. Ketika pengguna memilih untuk menonaktifkan mode turbo menggunakan antarmuka run-time itu, penanganan invarians frekuensi akan dibatalkan.
– Dukungan mode Sapphire Rapids Out-of-Band (OOB) untuk driver Intel P-State.
– Perbaikan yang dipimpin Linaro untuk menghindari pembaruan frekuensi yang tidak perlu ketika frekuensi yang dilaporkan oleh perangkat keras sedikit berbeda dari yang ditunjukkan oleh tabel frekuensi — mis. 499 vs. 500MHz. Patch dalam bentuk saat ini memungkinkan hingga penyimpangan 1MHz tanpa mengarah ke pembaruan frekuensi.
– Penggantian tabel ACPI sekarang dipertahankan selama proses hibernasi.
– Dukungan penskalaan berbasis CPU telah ditambahkan ke gubernur devfreq pasif.
– Kode Model Energi telah diperluas untuk memungkinkan model buatan di mana nilai daya mungkin tidak dalam skala yang seragam dengan perangkat lain yang menyediakan informasi daya. Ini adalah perubahan yang dipimpin Arm untuk Model Energi buatan.
Detail lebih lanjut tentang perubahan manajemen daya melalui permintaan tarik ini.
Sementara pembaruan ACPI termasuk tambahan seperti dukungan untuk string Microsoft Windows 11 _OSI, menambahkan Tabel Unit Pemantauan Kinerja ARM dalam kode ACPICA, peningkatan penanganan perangkat PCI yang berada dalam status D3cold selama inisialisasi sistem, dukungan untuk pemberitahuan impedansi frekuensi tinggi ke driver DPTF, dan tambahan lainnya. Perubahan ACPI di sekitar perangkat D3cold pada inisialisasi sistem akan memastikan sekarang bahwa perangkat PCI awalnya dihidupkan bersama dengan anak-anak mereka untuk memastikan enumerasi perangkat yang tepat.

Sepanjang topik serupa, pembaruan kontrol termal telah digabungkan. Tarik ini mencakup perpustakaan termal baru dan alat penangkap suhu di pohon sumber kernel. Tarikan ini juga meningkatkan penanganan kondisi panas berlebih selama penangguhan-ke-idle dalam driver termal Intel PCH dan berbagai perbaikan dan peningkatan lainnya.
Penanganan overheat Intel PCH yang ditingkatkan selama suspend-to-idle adalah perubahan yang dibahas secara rinci awal bulan ini dalam Intel Memiliki Solusi Untuk Laptop Linux Panas Menguras Baterai Saat Mencoba Untuk Tidur.

Itulah berita seputar Linux 5.19 Berat Pada Manajemen Daya Intel & Peningkatan Termal, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.