Linux 5.19 Membuatnya Lebih Mudah Untuk Menghapus Fitur CPUID

Kernel Linux x86/x86_64 telah lama menggunakan parameter kernel “clearcpuid=” untuk menonaktifkan fitur CPUID tertentu agar tidak digunakan oleh kernel atau siap diiklankan. Namun, itu tidak terlalu intuitif untuk digunakan karena mengandalkan melewatkan nomor bit untuk fitur tertentu. Dengan Linux 5.19, sekarang lebih mudah untuk menanganinya dengan mengizinkan string CPUID dari /proc/cpuinfo untuk diteruskan jika ingin fitur CPUID tertentu dinonaktifkan.
Agak mengganggu, sampai sekarang jika ingin menonaktifkan fitur CPUID tertentu dari penggunaan oleh kernel Linux, Anda harus melihat file header cpufeatures.h dalam area x86 kernel dan menemukan nomor bit untuk fitur yang diberikan ( s) Anda ingin menonaktifkan. Seperti, misalnya, menonaktifkan AVX berarti menyetel clearcpuid=156. Lebih buruk lagi, beberapa nomor bit tidak stabil di seluruh versi kernel Linux.
Menelusuri file header untuk mencari tahu nomor bit yang akan diteruskan ke parameter kernel tidak sepenuhnya intuitif.

Dengan Linux 5.19, parameter kernel clearcpuid= dapat diatur ke string dari output flag di /proc/cpuinfo. Jadi daripada perlu mengingat angka seperti clearcpuid=156, Anda bisa melakukan clearcpuid=avx. Beberapa flag CPUID dapat terus ditentukan dengan membatasinya dengan koma.
Tetapi dengan Linux 5.19+, sekarang Anda dapat meneruskan nilai flag yang ditampilkan dalam /proc/cpuinfo.

Ini adalah peningkatan yang sudah lama tertunda untuk peningkatan kegunaan kernel untuk administrator dan mereka yang men-debug perilaku kernel pada sistem mereka. Nomor bit masih dapat digunakan jika diinginkan sedangkan untuk Linux 5.19+ nama bit fitur adalah permainan yang adil. Penting untuk dicatat bahwa menggunakan clearcpuid= untuk menghapus bit CPUID tidak dimaksudkan untuk penggunaan produksi. Perangkat lunak ruang pengguna yang memanggil CPUID secara langsung atau langsung menggunakan instruksi yang relevan akan terus berfungsi, clearcpuid= hanya tentang menghindari penggunaan oleh kernel Linux dan menghapusnya dari output /proc/cpuinfo juga. Linux 5.19 juga memperlakukan kernel sebagai tercemar ketika clearcpuid sedang digunakan.
Perubahan ini dikirim sebagai bagian dari pembaruan x86/cpu untuk Linux 5.19. Tarikan ini juga menjatuhkan parameter kernel nosep, nosmep, noexec, dan noclflush dengan tidak lagi relevan karena memiliki opsi khusus tersebut.

Itulah berita seputar Linux 5.19 Membuatnya Lebih Mudah Untuk Menghapus Fitur CPUID, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.