Linux 5.19 Menambahkan Kemampuan Untuk Memulai Pembaruan Firmware Menggunakan Sysfs

Selain driver-core-next yang telah mengantri dukungan firmware terkompresi Zstd yang telah lama ditunggu-tunggu di depan kernel Linux 5.19, perubahan lain yang disiapkan adalah memungkinkan dukungan untuk memulai pembaruan firmware untuk driver yang didukung melalui sysfs.
Berkat Intel, ada dukungan unggah firmware yang ditambahkan ke sysfs yang dapat digunakan perangkat lunak ruang pengguna untuk memulai pembaruan firmware.
Untuk perangkat/driver yang didukung di bawah /sys/class/firmware/ sekarang akan menjadi file data, pemuatan, dan batas waktu karena dapat memicu pembaruan firmware pada perangkat tertentu.
Cara kerjanya dari ruang pengguna cukup dengan menulis “1” ke file “memuat”, konten biner firmware Anda dapat kemudian di-cat`ed/ditulis ke file “data”, dan setelah selesai tulis “0 ” ke file “memuat”. Setelah itu, unggahan firmware ke perangkat dilanjutkan dengan menggunakan fungsi/kait kernel yang ada.

Rincian lebih lanjut dalam tambalan ini saat ini berada di cabang “berikutnya” inti driver Greg Kroah-Hartman sebelum jendela penggabungan Linux 5.19.
Insinyur Intel bekerja pada antarmuka sysfs unggah firmware ini dengan motivasi untuk kartu PCIe berbasis FPGA mereka untuk memicu pembaruan firmware dari ruang pengguna setelah boot. Namun, driver lain juga dapat menggunakan saluran air ini jika menginginkan pengunggahan/pembaruan firmware dinamis seperti itu melalui sysfs alih-alih menulisnya ke firmware Linux secara langsung (mis. /lib/firmware) dan memicu mekanisme pembaruan/muat ulang apa pun.

Itulah berita seputar Linux 5.19 Menambahkan Kemampuan Untuk Memulai Pembaruan Firmware Menggunakan Sysfs, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.