Linux 5.19 Persiapan Intel Graphics Memperkuat ID Kartu Grafis Alchemist, Raptor Lake P

Insinyur driver grafis Linux open-source Intel mengirimkan perubahan driver grafis kernel “i915” lainnya untuk jendela penggabungan Linux 5.19 yang akan datang. Pull request hari Jumat akhirnya menambahkan ID PCI DG2/Alchemist untuk desain “motherboard down”. Ini adalah pekerjaan tambalan yang saya tulis sebelumnya dan menandakan bahwa Linux 5.19 mungkin merupakan persyaratan versi dasar untuk kartu grafis Intel Arc. ID PCI untuk desain DG2 yang lebih kuat adalah bagian dari tarikan dari hari Jumat dan muncul di Linux 5.19 bersama dengan peningkatan DG2 lainnya. Seperti yang telah dibahas dengan penarikan DRM-Next sebelumnya, Linux 5.19 juga merupakan versi pertama dengan dukungan komputasi DG2 yang terbuka.

Friday`s pull juga menghadirkan set awal ID Intel Raptor Lake P. Kembali di Linux 5.17 adalah dukungan awal Raptor Lake S sedangkan untuk v5.19 adalah awal Raptor Lake P. Dukungan RPL-P didasarkan pada kode Alder Lake P yang ada sebagai penerusnya. Dukungan driver grafis kernel Raptor Lake P Linux datang bersama selama sebulan terakhir. Raptor Lake P juga ditambahkan ke Mesa untuk dukungan driver ruang pengguna OpenGL dan Vulkan. Driver Intel DRM yang diperbarui ini juga memiliki refactoring ke kode power well, peningkatan GVT-g, dan berbagai perbaikan bug. Periode kode fitur baru untuk DRM-Next yang ditujukan untuk Linux 5.19 akan segera berakhir sementara mereka yang ingin melihat kumpulan patch terbaru yang dikirim pada hari Jumat dapat melihat tarikan ini untuk semua detailnya.

Itulah berita seputar Linux 5.19 Persiapan Intel Graphics Memperkuat ID Kartu Grafis Alchemist, Raptor Lake P, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.