Linux 5.19 Untuk Membantu Melaporkan Lokasi Fisik Perangkat yang Terhubung

Ditambahkan ke kode inti driver kernel Linux adalah dukungan sysfs untuk melaporkan lokasi fisik perangkat pada sistem/server yang terhubung. Khususnya untuk sistem dan server besar dengan banyak perangkat yang terhubung dan di mana mungkin ada beberapa perangkat dengan tipe/model yang sama, lokasi fisik yang melapor ke ruang pengguna ini akan membuatnya lebih mudah untuk dibedakan.
Insinyur Google Won Chung menyumbangkan dukungan sysfs untuk pelaporan lokasi fisik perangkat tertentu. Kode ini diantrekan sebagai bagian dari cabang “-next” driver-core sebelum kernel Linux 5.19. Informasi lokasi fisik diekspos di bawah /sys/devices/…/physical_location untuk perangkat yang didukung. Di dalam folder physical_location kemudian ada atribut seperti permukaan panel mana jika relevan dengan perangkat yang terhubung, posisi vertikalnya, posisi horizontalnya, apakah terhubung ke dok, dan jika ditemukan di tutup laptop.

Informasi lokasi fisik ini dengan patch Linux yang tertunda diisi berdasarkan data ACPI _PLD. Objek ACPI “_PLD” berisi data deskripsi lokasi fisik. Berbagai perangkat sudah mendukung ACPI _PLD dan patch inti driver ini pada gilirannya dengan mudah mengeksposnya sekarang di Linux ke ruang pengguna melalui sysfs. ACPI PLD dapat mengekspos lebih banyak informasi sementara untuk seri tambalan awal ini disimpan ke “bidang generik minimal” yang memungkinkannya untuk lebih mudah mendukung perangkat non-ACPI di masa mendatang.
Lihat detail lebih lanjut dengan tambalan ini di driver-core-next sebelum Linux 5.19. Ini mungkin sangat berguna untuk server, sistem dengan banyak perangkat yang terpasang, test farm yang memiliki banyak perangkat yang terhubung untuk pengujian regresi dan tujuan lain, dll untuk mengonfirmasi/menemukan lokasi fisik perangkat yang terhubung dengan lebih mudah.

Itulah berita seputar Linux 5.19 Untuk Membantu Melaporkan Lokasi Fisik Perangkat yang Terhubung, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.