Linux 5.20 Tampaknya Diutamakan Untuk Grafis Desktop DG2/Alchemist yang Dapat Digunakan & Dukungan ATS-M

  • Post author:
  • Post category:Linux

Setelah berbulan-bulan dan banyak pekerjaan oleh pengembang driver grafis Intel Linux open-source, Linux 5.20 sepertinya akan menjadi kernel dasar di mana GPU desktop DG2/Alchemist Arc Graphics dan kartu grafis server Arctic Sound M (ATS-M) dukungan akan siap dalam bentuk yang dapat digunakan.
Selama beberapa siklus kernel, banyak kode grafis DG2/Alchemist telah digabungkan ke dalam driver Direct Rendering Manage kernel i915. Khusus untuk siklus Linux 5.19 saat ini, banyak kode mendarat: Linux 5.19 mengekspos dukungan ABI ruang pengguna komputasi untuk perangkat keras kelas DG2. Linux 5.19 juga menambahkan ID PCI untuk beberapa bagian DG2 yang ternyata untuk beberapa notebook Arc Graphics. Dan ada banyak materi DG2 lainnya yang berhasil masuk ke Linux 5.19 mulai dari solusi hingga fitur kerja.
Dengan perubahan grafis Intel sejauh ini ke DRM-Next untuk Linux 5.20, ada pekerjaan pengaktifan awal yang bekerja menuju dukungan HPC Ponte Vecchio Xe tetapi ada juga bit “bar kecil” awal.
Sepertinya menyiapkan dukungan BAR kecil adalah yang terakhir dari pengaktifan tingkat rendah yang diperlukan sebelum insinyur Intel siap untuk menambahkan ID PCI GPU desktop dan adaptor Arctic Sound M juga. Pada hari Jumat tambalan ini dikirimkan yang menambahkan ID PCI untuk desain kartu tambahan DG2 dan Arctic Sound M.
Dukungan BAR kecil kini telah hadir, yang memungkinkan kami untuk menambahkan ID PCI yang sesuai dengan desain kartu tambahan DG2 dan ATS-M. Ada juga satu ID PCI MB-down tambahan yang baru-baru ini muncul (0x5698) jadi kami menambahkannya juga. ID Intel Alchemist G10 yang ditambahkan termasuk 0x56A0, 0x56A1, dan 0x56A2. ID Alchemist G11 yang ditambahkan adalah 0x5698, 0x56A5, 0x56A6, dan 0x56B1. Ada juga bagian Alchemist G12 dari 0x56A3, 0x56A4, dan 0x56B3 untuk melengkapi kartu grafis desktop DG2/Alchemist yang sekarang diaktifkan ini dan Arctic Sound M.
Intel Arc Graphics

Patch ini telah diantrekan untuk drm-intel-gt-next, yang pada gilirannya dalam satu atau dua minggu ke depan harus dikirim ke pohon DRM-Next untuk kemudian memulai debutnya dengan kernel Linux 5.20 akhir tahun ini… Linux Jendela penggabungan 5.20 akan terbuka akhir bulan ini sementara rilis stabil Linux 5.20 tidak akan keluar hingga akhir September. Sayangnya, Ubuntu 22.10 lebih mungkin untuk dikirimkan dengan Linux 5.19 daripada 5.20 karena waktu itu, tetapi setidaknya Fedora Workstation melihat rilis kernel baru, Arch Linux terus bergulir, dll. Kita akan melihat apakah/apa jenis opsi pengemasan tambahan ( modul DKMS, PPA apa pun, dll) Intel dapat menyediakan juga untuk pelanggan kartu grafis desktop Arc Graphics untuk Linux ketika produk ini diluncurkan akhir tahun ini untuk memudahkan tumpukan dukungan driver Linux bagi mereka yang menggunakan kernel lama. Tetapi sekarang dengan ID PCI ini ditambahkan, Linux 5.20 akan menjadi kernel upstream dasar yang memiliki ID kartu tambahan dan ATS-M ini. Mesa 22.2 atau mungkin 22.1 stable saat ini akan berada di sekitar sweet spot di sisi driver OpenGL/Vulkan. Tetapi seperti halnya semua prosesor grafis baru, umumnya tetap menggunakan kernel dan Mesa terbaru mungkin akan menghasilkan fitur dan kinerja terbaik.

Itulah berita seputar Linux 5.20 Tampaknya Diutamakan Untuk Grafis Desktop DG2/Alchemist yang Dapat Digunakan & Dukungan ATS-M, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.