Linux 6.0 Memiliki Pemantauan Suhu Untuk CPU AMD yang Akan Datang, MWAIT Untuk Pelanggan HPC

  • Post author:
  • Post category:Linux

Di antara permintaan awal untuk jendela gabungan Linux 6.0 yang sekarang terbuka (nee Linux 5.20) adalah beberapa tambahan AMD yang layak disebutkan.
Pertama adalah tarikan x86/cpu yang sekarang menghapus cek vendor dari fungsi “prefer_mwait_c1_over_halt”. Pemeriksaan vendor ini hanya untuk CPU Intel untuk menggunakan MWAIT daripada HALT karena masalah dengan prosesor AMD yang lebih lama. Namun, dengan prosesor AMD Zen yang lebih baru, menggunakan MWAIT melalui HALT lebih disukai dalam kode manajemen daya C1 untuk kernel Linux karena menggunakan MWAIT melalui C1 memiliki latensi keluar yang lebih rendah / lebih efisien. Perubahan untuk Linux 6.0 ini dapat berarti ~21% latensi keluar yang lebih rendah pada Zen 3 dari idle meskipun terutama menguntungkan pelanggan AMD HPC yang menonaktifkan status C global dari BIOS.
Berita baik lainnya untuk pelanggan AMD HPC dengan Linux 6.0.

Dengan cek vendor dibatalkan, CPU AMD sekarang akan dengan senang hati menggunakan MWAIT melalui HLT di jalur kode idle CPU x86 generik. Untuk keperluan debugging/perbandingan, ada juga dukungan untuk opsi kernel “idle=nomwait” jika ingin menghindari penggunaan MWAIT dan kembali ke penggunaan instruksi penghentian yang lama.
Juga penting di sisi AMD Linux Senin pagi ini adalah tarikan x86/misc. Ini menambahkan lebih banyak ID PCI AMD dan memungkinkan dukungan untuk lebih banyak model Family 17h dan Family 19h dalam driver k10temp untuk pemantauan suhu CPU. Driver k10temp Linux 6.0`s akan memiliki pemantauan suhu CPU yang sekarang berfungsi untuk Family 17h Model A0h hingga AFh dan Family 19h model 60h hingga 7Fh sekarang setelah PCI ID dan CCD offset ditambahkan.
ID baru untuk k10temp ini kemungkinan sesuai dengan CPU Zen 4 tambahan di luar apa yang telah ditambahkan di kernel sebelumnya sementara ID Keluarga 17h yang baru kemungkinan untuk prosesor AMD Mendocino yang akan datang. Prosesor AMD Mendocino mendatang untuk laptop anggaran adalah bagian TSMC 6nm dengan inti Zen 2 dan grafis RDNA2.
Ada beberapa barang AMD (dan grafis Radeon) lainnya yang hadir dengan Linux 6.0, jadi nantikan penggabungan lainnya selama periode dua minggu ke depan ini.

Itulah berita seputar Linux 6.0 Memiliki Pemantauan Suhu Untuk CPU AMD yang Akan Datang, MWAIT Untuk Pelanggan HPC, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.