Linux 6.0 Mempromosikan API Ruang Pengguna H.265/HEVC Menjadi Stabil

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dengan perubahan subsistem multimedia Linux 6.0, API ruang pengguna H.265/HEVC sekarang dianggap stabil.
Linux 6.0 telah mengambil tambalan yang memindahkan kontrol stateless HEVC keluar dari staging dan membuat “HEVC uapi stabil dan dapat digunakan untuk dekoder perangkat keras.”

Melakukan API ruang pengguna HEVC kernel Linux adalah driver Cedrus untuk SoC Allwinner dan driver media Hantro untuk IP video Hantro untuk VPU dalam berbagai SoC Rockchip dan NXP. Selain itu, ada driver Rockchip RKVDEC dan Raspberry Pi “RPI” yang saat ini tidak digunakan yang menggunakan API ruang pengguna HEVC ini.
Melalui driver ini menggunakan API dan penyempurnaan kode sumber terbuka yang berkelanjutan, semuanya kini dikancingkan untuk memperlakukannya sebagai stabil daripada sebagai antarmuka staging.
Selain menyelesaikan API ruang pengguna itu, pembaruan subsistem media untuk Linux 6.0 menambahkan driver sensor Semi AR0521, pembaruan untuk Cedrus dan Hantro seputar dukungan H.265 mereka, driver STKWebCam dipromosikan keluar dari staging, driver Intel AtomISP telah melihat beberapa perbaikan/pembersihan, dan perbaikan/peningkatan driver yang lebih kecil lainnya. Lihat tarikan ini untuk daftar lengkap pembaruan subsistem media untuk Linux 6.0.

Itulah berita seputar Linux 6.0 Mempromosikan API Ruang Pengguna H.265/HEVC Menjadi Stabil, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.