Linux 6.0 Menambahkan Dukungan Raptor Lake P ke Driver Pendingin Intel TCC

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara minggu lalu melihat set utama pembaruan manajemen termal dan daya untuk Linux 6.0, beberapa item lagi dikirim minggu ini untuk jendela gabungan v6.0.
Pengelola ACPI/PM Rafael Wysocki dari Intel mengirimkan lebih banyak pembaruan termal untuk Linux 6.0. Perubahan termal mencakup beberapa perbaikan tetapi juga perlu diperhatikan adalah dukungan Alder Lake N dan Raptor Laker P yang ditambahkan ke driver Intel TCC Cooling.
Driver Intel TCC Cooling ditambahkan tahun lalu di Linux 5.13. Driver “intel_tcc_cooling” memungkinkan penyesuaian suhu aktivasi Sirkuit Kontrol Termal (TCC) yang efektif menggunakan register offset TCC di platform Intel yang lebih baru. Ini pada dasarnya memungkinkan penurunan suhu aktivasi TCC secara artifisial jika ingin mencekik CPU lebih awal sebelum batas standar yang ditetapkan sebelumnya untuk pembatasan termal.

Driver Intel TCC Cooling telah mendukung penyesuaian offset ini untuk CPU yang kembali ke Skylake sementara sekarang ID yang diperlukan sudah tersedia untuk Linux 6.0 jika Anda ingin sistem Alder Lake N atau Raptor Lake P Anda berjalan lebih dingin dengan menurunkan ambang suhu tersebut.
Sangat menyenangkan melihat aliran berkelanjutan dari patch Intel Raptor Lake selama beberapa bulan terakhir dan sepertinya Intel akan memiliki dukungan yang dibungkus dengan baik sebelum peluncuran, sebuah tradisi yang indah untuk perusahaan yang biasanya berjalan dengan baik.

Itulah berita seputar Linux 6.0 Menambahkan Dukungan Raptor Lake P ke Driver Pendingin Intel TCC, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.