Linux 6.0-rc1 Dirilis Dengan Pengoptimalan Performa yang Menyenangkan, Dukungan Perangkat Keras Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux

Setelah jendela penggabungan selama dua minggu, Linus Torvalds sore ini merilis kandidat rilis pertama Linux 6.0. Selama kira-kira dua bulan ke depan kernel Linux 6.0 akan stabil tetapi sudah dari pengujian awal saya di berbagai sistem, itu dalam kondisi yang bagus dan fitur serta kinerjanya tampak hebat. Linux 6.0 terlihat sangat bagus di bagian depan kinerja dengan melihat peningkatan besar pada server Intel Xeon dan AMD EPYC kelas atas serta AMD Threadripper sementara saya akan memiliki lebih banyak pengujian desktop/laptop dari Linux 6.0 selama beberapa minggu ke depan. Ada beberapa peningkatan kinerja yang sangat bagus dan signifikan. Linus Torvalds dengan kode nama Linux 6.0-rc1 kernel “Hurr durr I`ma ninja sloth”.

Saya akan mendapatkan gambaran umum fitur Linux 6.0 saya yang panjang besok, tetapi ini adalah gambaran singkatnya. Linux 6.0 menghadirkan tambahan driver lanjutan untuk Intel Raptor Lake, ekstensi RISC-V baru, dukungan untuk mengatur nama host sistem melalui parameter kernel “hostname=”, Transisi Mode Otomatis AMD untuk laptop Lenovo ThinkPad, dukungan Intel Habana Labs Gaudi2, HEVC/ Antarmuka H.265 telah dipromosikan menjadi stabil, driver audio AMD Raphael baru, beberapa pekerjaan awal pada dukungan Intel Meteor Lake seperti dengan audio, perf tooling untuk AMD Zen 4 IBS, virtualisasi Intel IPI untuk KVM, AMD x2AVIC untuk KVM, Intel Dukungan SGX2, verifikasi run-time untuk sistem kritis keselamatan, Kirim Protokol v2 untuk Btrfs, peningkatan penjadwal besar, lebih banyak persiapan AMD Zen 4, lanjutan pengaktifan grafis AMD RDNA3, dan beberapa peningkatan IO_uring yang sangat bagus. Itulah gambaran singkatnya tetapi secara keseluruhan Linux 6.0 adalah kernel yang sangat menarik!

Linux 6.0 adalah anak besar dengan jumlah perubahan file terbesar dan baris baru ditambahkan cukup lama… Lebih dari satu juta baris kode ditambahkan pada siklus ini, sebagian karena file header yang dibuat secara otomatis di sekitar AMDGPU baru dan Dukungan Intel Habana Labs Gaudi2. Sebagai perbandingan, jendela gabungan Linux 5.19 melihat 789 ribu baris kode baru. Linux 6.0 akan menjadi besar. Untuk perubahan yang menarik seperti Linux 6.0, ada beberapa fitur yang tidak digabungkan akhir pekan ini… Patch Rust untuk Linux belum digabungkan… Semoga siklus berikutnya. Pekerjaan MGLRU yang meningkatkan kinerja juga tidak membuat siklus ini atau Maple Tree bekerja, tetapi harapannya adalah kedua fitur tersebut harus siap untuk Linux 6.1. Patch “PREEMPT_RT” real-time Linux juga sangat dekat dengan garis finish tetapi tidak dikirim baik untuk v6.0. Linus Torvalds juga mengetahui beberapa crash kernel Linux yang baru-baru ini muncul yang tampaknya dikaitkan dengan penggabungan VirtIO dan sedang dikerjakan. Semoga semuanya dalam kondisi yang baik untuk Linux 6.0-rc2 akhir pekan depan. Linus menulis dalam pengumuman Linux 6.0-rc1: Saya sebenarnya berharap bahwa kami akan mendapatkan beberapa infrastruktur karat pertama, dan VM LRU multi-gen, tetapi keduanya tidak terjadi kali ini. Selalu ada lebih banyak rilis. Tetapi ada banyak pengembangan lanjutan hampir di semua tempat, dengan “shortlog” terlalu panjang untuk diposting dan dengan demikian – seperti biasa untuk pemberitahuan rc1 – di bawah ini hanya berisi “log gabungan” saya. Anda pasti bisa mendapatkan semacam ikhtisar tingkat tinggi hanya dengan memindai itu, tetapi jelas perlu sekali lagi menunjukkan bahwa orang-orang yang disebutkan dalam log gabungan hanyalah pengelola yang saya tarik, dan ada lebih dari 1700 pengembang terlibat ketika Anda mulai melihat detail lengkap di pohon git. Nantikan penulisan fitur Linux 6.0 saya besok dan banyak tolok ukur kernel Linux 6.0 yang akan datang di Phoronix selama beberapa minggu mendatang. Linux 6.0 stable akan keluar sekitar akhir September atau awal Oktober.

Itulah berita seputar Linux 6.0-rc1 Dirilis Dengan Pengoptimalan Performa yang Menyenangkan, Dukungan Perangkat Keras Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.