Linux 6.1 HWMON Nukes Driver ASUS Berumur Pendek, Peningkatan Pemantauan Lainnya

  • Post author:
  • Post category:Linux

Di antara permintaan tarik awal yang dikirim untuk jendela gabungan Linux 6.1 yang sekarang terbuka adalah pembaruan subsistem “HWMON” yang memantau perangkat keras.
Menarik dengan tarikan HWMON Linux 6.1 menjatuhkan driver ASUS WMI EC Sensors yang berumur pendek. Driver ini diperkenalkan kurang dari satu tahun yang lalu untuk membaca suhu, kecepatan kipas, arus CPU, dan sensor lainnya pada berbagai motherboard AMD/Intel ASUS yang lebih baru. Tetapi diperkenalkan segera setelah itu driver asus_wmi_ec_sensors adalah driver asus_ec_sensors yang sebelumnya menggunakan antarmuka WMI untuk berinteraksi dengan pengontrol tertanam (EC) secara langsung. Driver ASUS EC Sensors yang tidak menggunakan antarmuka WMI ini terbukti lebih cepat, lebih fleksibel, dan lebih baik daripada driver berbasis WMI. ASUS juga mengabaikan antarmuka WMI itu untuk terus maju dengan produk-produk terbaru mereka.

Driver ASUS EC Sensors mendukung lebih banyak motherboard ASUS dan dengan lebih banyak sensor, jadi untuk Linux 6.1 driver WMI sebelumnya dihapus dari jalur utama. Motherboard ASUS yang saat ini didukung oleh driver EC Sensors termasuk PRIME X470-PRO, PRIME X570-PRO, Pro WS X570-ACE, ProArt X570-CREATOR WIFI, ROG CROSSHAIR VIII DARK HERO, ROG CROSSHAIR VIII HERO (WI-FI), ROG FORMULA CROSSHAIR VIII, HERO ROG CROSSHAIR VIII, DAMPAK ROG CROSSHAIR VIII, HERO ROG MAXIMUS XI, HERO ROG MAXIMUS XI (WI-FI), ROG STRIX B550-E GAMING, ROG STRIX B550-I GAMING, ROG STRIX X570-E GAMING, ROG STRIX X570-E GAMING WIFI II, ROG STRIX X570-F GAMING, ROG STRIX X570-I GAMING, ROG STRIX Z690-A GAMING WIFI D4, dan ROG ZENITH II EXTREME sementara motherboard baru ditambahkan secara rutin berkat komunitas open-source .
Dukungan perangkat keras baru dalam tarikan HWMON ini adalah pompa pendingin air Aquacomputer High Flow Next yang sekarang didukung oleh driver Aquacomputer.

Ada juga driver HWMON baru untuk pengontrol kecepatan kipas MAX31760, TEXAS TPS546D24, dan pengontrol kecepatan kipas PWM berbasis EMC2301/2/3/5 RPM.
Driver sensor Corsair PSU untuk catu daya kelas atas dengan antarmuka pemantauan USB sekarang mendukung revisi terbaru Corsair HX1000i.

Pengandar pemantauan nzxt-smart2 juga telah menambahkan ID perangkat USB baru lainnya untuk NZXT Smart Device V2.
Daftar lengkap perubahan HWMON untuk Linux 6.1 melalui tarikan fitur ini.

Itulah berita seputar Linux 6.1 HWMON Nukes Driver ASUS Berumur Pendek, Peningkatan Pemantauan Lainnya, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.