Linux 6.1 Kemungkinan Akan Rilis Kernel LTS Tahun Ini

  • Post author:
  • Post category:Linux

Ini seharusnya tidak terlalu mengejutkan tetapi kernel Linux 6.1 yang sedang dikembangkan kemungkinan akan menjadi versi kernel Long-Term Support (LTS) tahun ini.
Ada beberapa spekulasi baru-baru ini apakah Linux 6.0 akan menjadi versi LTS atau apakah Linux 6.1 yang akan debut stabil menjelang akhir tahun. Ada juga beberapa yang menyarankan Linux 6.0 lebih mirip dengan versi LTS karena menjadi versi terakhir sebelum pengenalan kode Rust dan perubahan besar lainnya, dll.
Setelah diminta di milis kernel, pengelola stabil Linux Greg Kroah-Hartman berkomentar:
Saya biasanya memilih “kernel terakhir tahun ini”, dan berdasarkan siklus rilis normal, ya, 6.1 akan menjadi kernel itu. Tapi saya tidak bisa menjanjikan apa-apa sampai dirilis, untuk alasan yang jelas. Dengan jendela penggabungan Linux 6.1, banyak fitur menarik seperti dukungan IP GPU AMD baru, peningkatan Intel DG2/Alchemist, infrastruktur Rust awal, peningkatan Btrf besar, mungkin MGLRU, dan lebih banyak lagi seperti yang telah saya tulis, ini membuat versi LTS menarik untuk diadopsi oleh perusahaan dan orang lain yang mencari versi kernel untuk digunakan dalam jangka panjang.
Penutupan jendela gabungan dan Linux 6.1-rc1 akan terjadi pada 16 Oktober. Itu kemudian menempatkan rilis stabil Linux 6.1 kemungkinan terjadi pada tanggal 4 atau 11 Desember. Jadi kecuali Linux 6.1 berada dalam bentuk yang sangat kasar dan sangat tidak biasa di mana Linux 6.1 entah bagaimana akan berhasil diseret keluar beberapa minggu tambahan, Linux 6.1 akan berada di sini sebelum akhir tahun kalender dan akan menjadi versi LTS tahunan berikutnya.
Linux 5.15 LTS adalah versi kernel jangka panjang tahun lalu yang saat ini ditetapkan untuk dipertahankan hingga Oktober 2023. Tetapi mungkin akan diperpanjang jika ada cukup banyak organisasi yang bersedia membantu dalam menguji dan menggunakan versi LTS itu, serupa dengan komitmen yang dibuat untuk Linux 5.10 LTS yang didukung hingga Desember 2026. Hal yang sama berlaku untuk Linux 6.1 LTS adalah bahwa itu akan didukung hingga Desember 2025 tetapi jika ada cukup banyak pengguna dan orang yang mau menguji kandidat rilis, dll, itu mungkin tahun ini Kernel LTS `s akan didukung untuk periode enam tahun itu – hingga Desember 2028.

Itulah berita seputar Linux 6.1 Kemungkinan Akan Rilis Kernel LTS Tahun Ini, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.