Linux 6.1 Lands Kembali Untuk “Regresi Kinerja Besar” Dari Tiga Baris Kode

  • Post author:
  • Post category:Linux

Menjelang kernel Linux 6.1-rc8 yang diperkirakan akan dikeluarkan Linus Torvalds segera daripada langsung ke stabil Linux 6.1, pengembalian untuk perubahan kecil yang mengarah ke “regresi kinerja besar” di area tertentu untungnya telah ditangkap dan dikembalikan.
Untuk jendela penggabungan Linux 6.1 adalah perubahan manajemen memori untuk menyelaraskan pemetaan anonim yang lebih besar ke batas THP. Komit beralasan:
“Selaraskan pemetaan memori anonim yang lebih besar pada batas THP melalui thp_get_unmapped_area jika THP diaktifkan untuk proses saat ini.
Dengan tambalan ini, pemetaan anonim yang lebih besar sekarang diselaraskan dengan THP. Ketika perpustakaan malloc mengalokasikan arena 2MB atau lebih besar, arena itu sekarang dapat dipetakan dengan THP sejak awal, yang dapat menghasilkan tingkat hit TLB dan waktu eksekusi yang lebih baik. “Namun ternyata perubahan tiga baris kode berakhir kemunduran kinerja kernel Linux 6.1 di beberapa area.
Pengujian kernel Intel menemukan regresi 95% di salah satu tolok ukur skala keinginan yang ditelusuri kembali ke perubahan itu. Patokan itu tidak terlalu nyata tetapi menimbulkan kekhawatiran tentang beban kerja ruang pengguna (dunia nyata) lainnya yang mungkin juga terpengaruh yang belum diuji pada pengembangan pengembangan Linux 6.1.
Pengembang Linux Nathan Chancellor juga melaporkan regresi besar dalam waktu pembuatan kernel dari perubahan awal tersebut. Untuk membangun semua build kernelnya di workstation Threadripper 3990X, ia berjalan dari 2 jam 20 menit hingga lebih dari 3 jam… Atau untuk build allmodconfig x86_64, dari 318 detik menjadi 406 detik. Perlambatan yang cukup signifikan dalam waktu pembuatan kernel, selain kinerja run-time yang dicatat oleh pengujian Intel. Sementara itu, perubahan asli telah membantu waktu pembuatan kernel berbasis GCC dengan membuatnya sekitar 2% lebih cepat.

Jadi untuk saat ini Linus Torvalds memutuskan untuk mengembalikan tambalan 3 baris untuk menangani apa yang dia sebut “regresi kinerja besar” hingga situasi ini dapat diselesaikan dengan lebih baik untuk menghindari regresi yang signifikan.

Itulah berita seputar Linux 6.1 Lands Kembali Untuk “Regresi Kinerja Besar” Dari Tiga Baris Kode, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.