Linux 6.1 Membawa Driver Suara Baru Untuk AMD dan Apple

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pengelola subsistem suara Linux Takashi Iwai pada hari Rabu mengirimkan semua pembaruan driver suara untuk Linux 6.1.
Ada banyak dukungan perangkat keras suara baru dengan Linux 6.1, termasuk untuk perangkat AMD, dukungan suara awal untuk Apple Silicon dengan M1 dan M2, peningkatan pada dukungan perangkat keras Intel yang ada, dan banyak pekerjaan perangkat keras seluler.
Sorotan untuk perubahan suara di Linux 6.1 meliputi:
– Dukungan untuk AMD Rembrandt dengan kode Sound Open Firmware, melengkapi dukungan platform AMD Cezanne yang ada di SOF. Senang melihat AMD terus merangkul SOF, mungkin sebagai bagian dari permainan Chromebook mereka.
– AMD’s Pink Sardine Audio Co-Processor 6.2 (ACP 6.2) sekarang didukung. Driver audio Pink Sardine ini muncul kembali pada bulan Agustus dan sekarang sedang dimainstream. Tidak jelas apa korelasi Pink Sardine pada peta jalan AMD tetapi mungkin untuk APU seluler “Phoenix” atau mungkin APU anggaran Mendocino.
– Driver “SOC_APPLE_MCA” baru untuk mengaktifkan driver platform ASoC untuk periferal MCA yang ditemukan dengan Apple Silicon SoCs. Driver suara Apple Silicon ini dimulai oleh pengembang Asahi Linux dan berhasil diuji dengan perangkat keras Apple M1 dan M2.
– Penyempurnaan kode IPC4 Sound Open Firmware (SOF).
– Dukungan audio Mediatek MT8186.
– Dukungan untuk DSP NXP i.MX8ULP.
– Dukungan Qualcomm SC8280XP / SM8250 / SM8450.
Detail lebih lanjut tentang perubahan suara ini, yang telah digabungkan, melalui permintaan tarik.

Itulah berita seputar Linux 6.1 Membawa Driver Suara Baru Untuk AMD dan Apple, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.