Linux 6.1 Menurunkan Logitech Bluetooth HID++ Karena Masalah yang Berlama-lama

  • Post author:
  • Post category:Linux

Salah satu fitur Linux 6.1 yang baru ditetapkan untuk mengaktifkan dukungan HID++ untuk semua perangkat Bluetooth Logitech secara default daripada mengaktifkannya saat ini berdasarkan per perangkat. Namun perubahan ini ternyata terlalu oportunistik dan sekarang beberapa hari menjelang debut stabil Linux 6.1 telah dikembalikan. HID++ adalah protokol Logitech yang dibangun di atas HID dan digunakan oleh sebagian besar keyboard/mouse Logitech selama bertahun-tahun. HID++ menawarkan lebih banyak fungsionalitas daripada protokol HID standar seperti mendukung profil onboard, umpan balik paksa, efek RGB, pengguliran resolusi tinggi, kontrol yang dapat diprogram ulang, dan banyak lagi. Harapannya adalah untuk mengaktifkan HID++ secara default untuk semua perangkat Logitech Bluetooth, dan itulah yang terjadi selama jendela penggabungan Linux 6.1 dan dalam dua bulan sejak perubahan itu digabungkan. Tapi hari ini perubahan itu telah mundur karena untuk sebagian pengguna dengan mouse Logitech, ternyata Linux 6.1 akan meninggalkan mereka dengan mouse yang tidak berfungsi.

Ketika sampai pada pengaktifan menyeluruh HID++ untuk perangkat Logitech Bluetooth, pemikiran/harapannya adalah bahwa jika perangkat tidak mendukung HID++ maka akan kembali ke driver HID biasa. Namun dalam praktiknya hal itu tidak berjalan sesuai rencana, yang menyebabkan perubahan di menit-menit terakhir ini membatalkan fitur dari Linux 6.1. Permintaan penarikan perbaikan regresi HID dikeluarkan hari ini yang mencatat, “perbaikan regresi (kembalikan) untuk penanganan semua perangkat Logitech HID++ Bluetooth; ada perangkat yang ternyata tidak berfungsi dengan ini, dan akar penyebabnya belum ditangani dengan benar dipahami. Jadi kami membatalkannya untuk saat ini, dan akan ditinjau kembali untuk 6.2 atau 6.3” Tarikan sudah digabungkan dan dengan pengembalian itu menguraikan masalah: hid-logitech-hidpp sekarang mengikat semua mouse bluetooth, tetapi ada kasus sudut di mana hid-logitech-hidpp menyerah begitu saja pada mouse. Ini mengarahkan pengguna akhir dengan mouse mati. Mengingat bahwa kami berada di -rc8, kami pasti terlambat untuk menemukan perbaikan yang tepat. Kami telah mengidentifikasi 2 masalah kurang dari 24 jam setelah laporan bug. Satu di ->match() itu tidak pernah dirancang untuk digunakan di tempat lain selain di hid-generik, dan yang lainnya hid-logitech-hidpp memiliki kasus sudut di mana ia menyerah pada perangkat yang tidak seharusnya. Jadi kami tidak punya pilihan selain menunda tambalan ini ke rilis kernel berikutnya. Perubahan ini diharapkan akan dicoba kembali untuk Linux 6.2 tetapi dapat didorong kembali ke 6.3 tergantung pada bagaimana pengujian berjalan dan menghasilkan solusi yang memadai.

Itulah berita seputar Linux 6.1 Menurunkan Logitech Bluetooth HID++ Karena Masalah yang Berlama-lama, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.