Linux 6.1-rc7 Memudahkan Pengelolaan Driver P-State AMD

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dengan kernel Linux 6.1-rc7 yang akan dirilis hari ini, akan lebih mudah menggunakan driver AMD P-State untuk driver penskalaan frekuensi CPU yang ditingkatkan yang ditujukan untuk Zen 2 dan platform EPYC/Ryzen yang lebih baru yang menggunakan ACPI CPPC .
Digabung ke arus utama pada hari Jumat sebagai bagian dari “perbaikan” untuk Linux 6.1-rc7 adalah kumpulan tambalan untuk menjadikan amd-pstate sebagai driver bawaan sehingga dapat lebih diutamakan daripada acpi-cpufreq secara default dan untuk memperkenalkan opsi baru untuk menonaktifkan perilaku itu jika ingin mundur ke driver CPUFreq ACPI generik sebagai gantinya.
Tambalan ini dibicarakan di Phoronix minggu lalu di Patch Baru Memungkinkan Lebih Mudah Mengelola Driver AMD P-State Linux. Sejak itu diputuskan untuk mengambil materi ini untuk Linux 6.1 daripada menunggu Linux 6.2. Selain menjadikan driver amd_pstate sebagai built-in, ia menambahkan opsi amd_pstate=disable jika ingin tidak menggunakan driver ini pada sistem yang didukung dan sebagai gantinya menggunakan ACPI CPUFreq. Ada juga amd_pstate=passive jika ingin memuat driver AMD P-State dalam mode operasi pasifnya.

AMD belum mendorong driver amd_pstate untuk digunakan secara default tetapi rencananya akan terjadi setelah AMD P-State EPP siap dan digabungkan. Kode EPP AMD P-State harus menyelesaikan beberapa masalah kinerja yang diketahui dengan kode amd_pstate saat ini.
Singkat cerita, berkat perbaikan manajemen daya gabungan, amd_pstate sekarang menjadi driver bawaan dan ada opsi kernel baru yang nyaman untuk menonaktifkan perilakunya atau memulai dalam mode pasif. Ada juga perbaikan sebagai bagian dari pull request untuk memperbaiki inisialisasi amd_pstate setelah menjalankan kernel melalui Kexec.

Itulah berita seputar Linux 6.1-rc7 Memudahkan Pengelolaan Driver P-State AMD, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.