Linux Lite 6.0 Sekarang Tersedia untuk Pengujian Publik, Berdasarkan Ubuntu 22.04 LTS

Pengembang
Linux Lite Jerry Bezencon hari ini mengumumkan ketersediaan untuk pengujian publik versi pengembangan Kandidat Rilis dari distribusi Linux Lite 6.0 mendatang.

Linux Lite 6.0 (dijuluki Fluorit) tampaknya menjadi rilis utama dibandingkan dengan seri 5.x sebelumnya, terutama karena ia memiliki basis baru dari seri sistem operasi Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) yang baru dirilis, tetapi juga karena banyak perubahan yang dibawanya. Berbasis pada Ubuntu 22.04 LTS, Linux Lite 6.0 akan didukung oleh seri kernel Linux 5.15 jangka panjang yang didukung.

Pertama dan terutama, ada tema jendela default baru yang disebut Materia yang menampilkan gaya Terang dan Gelap dan bertujuan untuk menjaga tampilan yang familier rilis Linux Lite sebelumnya tetapi dengan cara yang lebih modern mendukung aplikasi GTK4, serta berbagai lingkungan desktop. Papirus tetap menjadi ikon default theme.

Perubahan menarik lainnya dalam rilis Linux Lite 6.0 mendatang adalah dukungan siap pakai untuk pengguna dengan gangguan pendengaran dan penglihatan melalui penambahan keyboard di layar (Onboard), aplikasi pembaca layar ( Orca), dan pembesar layar internal yang dapat diakses menggunakan kombinasi gulir Alt + mouse Kiri.

Selain itu, Linux Lite 6.0 hadir dengan aplikasi default baru, termasuk utilitas pemantauan sistem Pusat Pemantauan Sistem, browser web Google Chrome , dan penulis ISO El-Torito. Selain itu, pengembang berjanji untuk mengirimkan rilis Linux Lite utama baru dengan versi stabil terbaru dari suite kantor LibreOffice.

Di antara perubahan penting lainnya, Linux Lite 6.0 menampilkan menu bootloader GRUB baru yang tidak lagi menawarkan utilitas Memtest untuk menguji memori komputer Anda , tetapi menampilkan opsi mulai ulang dan matikan. Itu juga dikirimkan dengan versi baru dari menu aplikasi Menu Kumis dan alat bawaan baru yang disebut Patch Lite untuk menerapkan perbaikan keamanan darurat.

Rilis terakhir Linux Lite 6.0 akan dirilis pada 1 Juni 2022. Sampai saat itu , jika Anda ingin mengujinya di komputer pribadi Anda untuk menemukan fitur dan peningkatan baru, Anda dapat mengunduh versi Release Candidate (RC) sekarang dari halaman pengumuman rilis. Namun, harap diingat bahwa ini adalah versi pra-rilis, tidak cocok untuk digunakan di lingkungan produksi.
Download Kandidat Rilis Linux Lite 6.0

Sumber: Google, 9to5linux.com