Linux Mint 20.3 Beta Sekarang Tersedia untuk Diunduh

  • Post author:
  • Post category:Linux


Versi beta dari sistem operasi “Una” Linux Mint 20.3 yang akan datang sekarang tersedia untuk diunduh bagi siapa saja yang ingin mencobanya dan mengirim umpan balik ke pengembang.

Linux Mint 20.3 diluncurkan pada awal Oktober 2021 dan dijadwalkan untuk rilis di dekat Libur Natal. Tim Linux Mint telah membagikan beberapa fitur baru yang datang ke pembaruan ini dalam seri Linux Mint 20, yang didasarkan pada seri sistem operasi Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa) dan didukung selama 5 tahun.

Berdasarkan Ubuntu 20.04.3 Rilis LTS, Linux Mint 20.3 beta menempel pada kernel Linux 5.4 LTS untuk meminimalkan kegagalan yang mungkin terjadi selama peningkatan dari Linux Mint 20.2 “Uma” atau versi sebelumnya.

Salah satu sorotan utama dari rilis Linux Mint yang akan datang adalah Cinnamon terbaru Lingkungan desktop 5.2 untuk edisi unggulan Cinnamon. Ini membawa beberapa perubahan dan peningkatan yang rapi untuk pengguna desktop Cinnamon, jadi lihat artikel saya yang ditautkan di atas untuk detail lebih lanjut tentang itu.

Perubahan menarik lainnya dalam rilis ini adalah aplikasi baru bernama Thingy (Perpustakaan), yang merupakan XApp yang dapat digunakan sebagai tempat terpadu untuk mengakses dokumen terbaru dan favorit dengan cepat. Kabar baiknya adalah bahwa aplikasi ini tidak eksklusif untuk Linux Mint dan dapat diinstal pada distribusi GNU/Linux lainnya.
Thingy app
Untuk semua edisi yang didukung (Cinnamon, Xfce, dan MATE), Linux Mint 20.3 menjanjikan beberapa perubahan visual yang menarik, yaitu dark dukungan mode untuk aplikasi Seluloid, Terminal GNOME, Hypnotix, Pix, dan XViewer (dua yang terakhir tidak akan mendukung mode gelap pada edisi Xfce) bahkan ketika Anda menggunakan tema ringan.

Tema default Linux Mint Mint-Y menerima banyak perbaikan juga, termasuk bilah judul yang lebih bulat dengan tombol yang lebih besar, serta penggantian warna aksen dengan warna abu-abu. Karena perubahan visual ini, tema Mint-Y-Darker sekarang akan tersedia dari repo dengan menginstal paket mint-themes-legacy.

Edisi Xfce hadir dengan lingkungan desktop Xfce 4.16, sedangkan edisi MATE menampilkan desktop MATE 1.26 environment.
Linux Mint 20.3 Beta XfceLinux Mint 20.3 Beta MATE
Jika Anda ingin mencoba Linux Mint 20.3 sebelum rilis resminya pada Natal ini, Anda dapat mengunduh edisi Cinnamon, Xfce atau MATE sekarang juga. Namun, harap diingat bahwa ini adalah versi pra-rilis, tidak cocok untuk digunakan sebagai driver harian atau di lingkungan produksi.
Download Linux Mint 20.3 Beta (Cinnamon)Download Linux Mint 20.3 Beta (Xfce)Download Linux Mint 20.3 Beta (PASANGAN)

Sumber: Google, 9to5linux.com