LLVM 16 Mengaktifkan Vektorisasi Skalabel Secara Default Untuk RISC-V

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dengan LLVM 15 bercabang dan utama sekarang terbuka untuk LLVM 16, salah satu perubahan awal untuk siklus rilis kompiler berikutnya adalah mengaktifkan vektorisasi terukur secara default untuk RISC-V dengan target yang didukung untuk instruksi vektor RISC-V.
Pengembang LLVM Philip Reames telah mengaktifkan vektorisasi skalabel secara default untuk target RISC-V yang didukung dengan ekstensi Zve atau V. Dia menjelaskan dengan perubahan:
Perubahan ini mengaktifkan vektorisasi (hanya menggunakan vektorisasi skalabel, vektor tetap belum diaktifkan) untuk RISCV ketika instruksi vektor tersedia untuk konfigurasi target.
Pada titik ini, konfigurasi yang dihasilkan harus stabil (misalnya tidak ada crash), dan menguntungkan (yaitu beberapa kasus di mana loop skalar mengalahkan yang vektor), tetapi tidak akan disetel dengan baik (yaitu kami memancarkan loop vektor terbaik) . Tujuan dari perubahan ini adalah untuk menyelaraskan pengujian di seluruh organisasi dan memastikan konfigurasi default cocok dengan apa yang digunakan oleh downstream sedekat mungkin.
Ini memperlihatkan sejumlah besar kode yang sebelumnya tidak diaktifkan secara default, dan dengan demikian mungkin belum sepenuhnya dijalankan. Mengingat itu, mengalami masalah rontok bukanlah hal yang tidak terduga. Jika Anda menemukan masalah, pastikan untuk menyertakan informasi sebanyak mungkin saat mengembalikan perubahan ini. Dua hari telah berlalu dan sejauh ini tidak ada perubahan, jadi semoga terlihat bagus. Detail lebih lanjut bagi mereka yang tertarik melalui reviews.llvm.org. Dengan perubahan ini pada awal siklus pengembangan LLVM 16, masih ada banyak waktu untuk meningkatkan dukungan vektorisasi RISC-V compiler sebelum rilis stabil tidak sampai sekitar bulan Maret.
RISC-V “V” adalah ekstensi matematika vektor lengkap untuk arsitektur CPU bebas royalti ini sementara Zve adalah subset “sederhana” yang ditujukan untuk inti yang lebih kecil di dalam perangkat tertanam dan pengontrol mikro. Vector Extension 1.0 RISC-V telah dibekukan sejak tahun lalu dan dianggap cukup stabil untuk memulai pekerjaan perangkat lunak. Spesifikasi RISC-V V 1.0 bagi mereka yang tertarik dapat ditemukan melalui GitHub.

Itulah berita seputar LLVM 16 Mengaktifkan Vektorisasi Skalabel Secara Default Untuk RISC-V, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.