LLVM Dentang 15.0 Menambahkan Dukungan Arm Cortex-M85

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dukungan untuk Arm`s Cortex-M85 berdasarkan Armv8.1-M telah ditambahkan untuk rilis kompiler LLVM 15.0 musim gugur ini.
Arm Cortex-M85 diumumkan kembali pada bulan April sebagai inti kelas MCU terbaru perusahaan yang menawarkan kinerja yang jauh lebih baik daripada inti Cortex M7 dan M55 tetapi untuk beban kerja yang tidak memerlukan kinerja kelas-A Cortex. Arm Cortex-M85 harus populer untuk perangkat IoT generasi berikutnya dengan kinerja yang lebih baik sekaligus meningkatkan keamanan dengan mendukung ekstensi Pointer Authentication dan Branch Target Identification (PACBTI). Ekstensi vektor Helium juga terus tersedia dengan M85, Armv8-M TrustZone hadir secara default dengan M85, dan peningkatan lainnya dibandingkan desain Cortex-M sebelumnya.
Arm Cortex-M85

Dengan LLVM/Dentang sudah memiliki dukungan untuk Armv8.1-M, ​​pengaktifan Cortex-M85 tidak terlalu besar. LLVM Git yang baru ditambahkan memperlihatkan opsi “-mcpu=cortex-m85” untuk menargetkan core Cortex-M85. Secara default, ekstensi MVE dan PACBTI diaktifkan saat menargetkan M85 dengan Dentang.
Detail LLVM/Clang Arm Cortex-M85 bagi mereka yang tertarik melalui komit ini. LLVM 15.0 direncanakan untuk rilis pada bulan September. Pada saat penulisan, pengaktifan Arm Cortex-M85 belum mendarat di kompiler GCC tetapi mungkin patch M85 akan datang dalam waktu singkat.

Itulah berita seputar LLVM Dentang 15.0 Menambahkan Dukungan Arm Cortex-M85, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.