Loongson Menambahkan Dukungan LoongArch ke LibreOffice

  • Post author:
  • Post category:Linux

Setelah GCC 12 memperkenalkan dukungan LoongArch awal tahun ini, Linux 5.19 menambahkan port LoongArch awal, dan Glibc 2.36 menambahkan LoongArch, LibreOffice sekarang merupakan proyek open-source profil tinggi terbaru yang menambahkan dukungan untuk ISA prosesor Cina ini yang dimulai dari MIPS64. Loongson sebagai perusahaan di belakang LoongArch menyumbangkan dukungan asli untuk menjalankan suite kantor sumber terbuka LibreOffice pada perangkat keras 64-bit LoongArch. Menambahkan dukungan LoongArch ke suite kantor sumber terbuka LibreOffice membutuhkan 1.630 baris kode baru dengan perubahan dari sistem build menjadi ratusan baris kode C++ baru. Saat ini dukungan LoongArch LibreOffice ini hanya untuk membangun di Linux. 3A5000 Loongson adalah CPU 64-bit LoongArch pertama mereka, tetapi kinerjanya tidak terlalu istimewa. Akan menarik untuk melihat apakah generasi prosesor LoongArch masa depan mereka dan setelah memiliki tumpukan perangkat lunak yang matang dapat membuat arsitektur prosesor berbasis RISC ini lebih kompetitif untuk Arm, x86_64, dan RISC-V.

Mereka yang ingin tahu tentang dukungan LoongArch untuk LibreOffice ini dapat menemukan melalui komit Git ini yang bergabung ke arus utama pagi ini.

Itulah berita seputar Loongson Menambahkan Dukungan LoongArch ke LibreOffice, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.