LXQt 1.1 Desktop Environment Resmi Dirilis, Ini Yang Baru


Lebih dari lima bulan setelah rilis LXQt 1.0 sebagai versi matang pertama dari lingkungan desktop ringan berbasis Qt untuk distribusi GNU/Linux, inilah pembaruan besar pertama, LXQt 1.1.

LXQt 1.1 dikemas dengan banyak perubahan keren, mulai dengan integrasi yang lebih baik dari aplikasi yang tidak ditulis dalam Qt, seperti aplikasi GTK melalui implementasi komponen xdg-desktop-portal-lxqt. Dengan ini, aplikasi seperti Firefox atau Chromium akhirnya dapat menggunakan dialog file LXQt asli.

Selain itu, pengelola file PCManFM-Qt LXQt sekarang mendukung antarmuka pengelola file DBus, yang dapat digunakan oleh aplikasi non-Qt seperti Firefox atau Chromium untuk menampilkan file di dalam folder atau melakukan pekerjaan lain.

Berbicara tentang PCManFM-Qt, pengelola file sekarang menampilkan item “File Terbaru” di menu File dan item “Buka di Terminal” di menu konteks klik kanan di dalam folder, lebih baik dukungan untuk bahasa RTL (Kanan-ke-Kiri), pemosisian yang lebih baik dari item desktop yang lengket, pemindahan bookmark yang lebih baik menggunakan menu konteks Bookmark, serta dukungan yang lebih baik untuk meluncurkan aplikasi di emulator terminal tertentu.

Selain itu, LXQt 1.1 memperkenalkan opsi sederhana ke panel Pengaturan Sesi untuk mengonfigurasi penskalaan layar global, mengaktifkan Clearlooks sebagai tema LXQt default dan Breeze sebagai tema ikon default (seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di atas), menambahkan halaman terpisah untuk konfigurasi ng gaya GTK di panel Penampilan, menambahkan palet Qt yang cocok untuk memberikan tampilan dan nuansa yang lebih terpadu saat menggunakan gaya widget Qt seperti Fusion, dan menambahkan tema baru yang disebut Valendas.

Juga ditingkatkan di LXQt 1.1 adalah komponen Panel LXQt, yang sekarang mendukung menampilkan ikon baki lama di dalam Pemberitahu Status saat plugin Baki Sistem diaktifkan, mendukung pengaturan ulang grafik Statistik Sistem saat opsi persembunyian otomatis untuk panel diaktifkan, dan membagi dialog konfigurasi panel menjadi 3 bagian.

Di antara perubahan lainnya, terminal QTerminal emulator menerima entri pintasan baru untuk pintasan drop-down dan perbaikan pada mode drop-down, serta fungsionalitas bookmark yang jauh lebih baik. Selain itu, Manajemen Daya LXQt sekarang menampilkan tiga ikon baki dengan persentase pengisian daya baterai di dalamnya, serta dukungan untuk ikon baki berbentuk lingkaran atau baterai.

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, LXQt 1.1 meningkatkan penampil gambar LXImage Qt untuk memperbaiki pengambilan gambar area layar yang tidak diposisikan di kiri atas dan untuk memulihkan keadaan maksimalnya saat keluar dari mode layar penuh, meningkatkan pengelola arsip LXQt Archiver untuk memungkinkan pengguna mengubah ukuran ikon tampilan dan mengurutkan item menurut kolom mana pun, dan meningkatkan utilitas tangkapan layar Screengrab dengan mengintegrasikannya secara lebih baik dengan editor/penampil gambar eksternal.

Di balik kapnya, LXQt 1.1.0 dibuat dengan Qt 5.15. Untuk detail lebih lanjut tentang perubahan yang diterapkan dalam pembaruan besar ini, lihat halaman pengumuman rilis. Sementara itu, jika Anda menggunakan lingkungan desktop LXQt dengan distribusi GNU/Linux Anda, awasi repositori perangkat lunak yang stabil untuk rilis dan pembaruan baru segera setelah tersedia untuk menikmati semua peningkatan dan fitur baru ini.

Sumber: Google, 9to5linux.com