Mata Blender Meningkatkan Persyaratan CPU-nya

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dengan dirilisnya Blender 3.4, pengembang Blender telah mulai mendiskusikan kemungkinan meningkatkan kebutuhan CPU mereka untuk memanfaatkan perangkat lunak pemodelan 3D sumber terbuka ini.
Koordinator Komunitas Pengembang Blender, Thomas Dinges, memulai diskusi hari ini tentang persyaratan CPU minimum untuk menjalankan Blender. Seperti yang ada sekarang, Blender membutuhkan CPU x86/x86_64 dengan SSE2 atau yang lebih baru untuk menikmati perangkat lunak gratis yang luar biasa ini.
Sementara membutuhkan Advanced Vector Extensions (AVX) dinyatakan sebagai kemungkinan dan akan masuk akal dan bermanfaat untuk perangkat lunak pemodelan 3D yang berat ini, yang sedang dibahas sekarang adalah menaikkan persyaratan SSE2 ke SSE4.1.
Mewajibkan SSE4.1 jauh lebih tidak kontroversial daripada mencoba mengamanatkan AVX untuk Blender sementara memungkinkan baseline yang sedikit lebih baru daripada persyaratan SSE2 saat ini. Ini dapat membantu kinerja Blender yang lebih baik dan juga waktu pembuatan yang lebih singkat karena saat ini perender Blender Cycles mengkompilasi kernel terpisah untuk SSE2, SSE3, SSE41, AVX, dan AVX2.
Blender mungkin memerlukan CPU Intel Penryn atau yang lebih baru, yang masih merupakan persyaratan yang agak sederhana untuk perangkat lunak pembuat konten yang berat ini.

SSE4.1 telah ada sejak prosesor “Penryn” 45nm Intel pada tahun 2007. Untuk prosesor AMD menggunakan Bulldozer dan lebih baru memiliki dukungan penuh SSE4.1.

Raising Persyaratan Blender untuk AVX kemungkinan akan dievaluasi di kemudian hari sementara membutuhkan setidaknya SSE4.1 tampaknya merupakan langkah yang cukup aman saat kita memasuki tahun 2023.
Dalam diskusi tentang peningkatan ini, hal itu juga dibicarakan tentang kemungkinan berpihak pada tingkat fitur mikro-arsitektur x86-64, yang pada x86-64-v2 akan mengamanatkan tidak hanya SSE4.2 tetapi juga CMPXCHG16B, LAHF-SAHF, POPCNT, SSE3 , SSE4.2 dan SSSE3.
Diskusi saat ini tentang peningkatan persyaratan CPU Blender dapat ditemukan melalui utas Blender DevTalk ini.

Itulah berita seputar Mata Blender Meningkatkan Persyaratan CPU-nya, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.