MediaTek Mempersiapkan Driver Decode Linux Video AV1 Stateless Untuk SoC Baru

MediaTek minggu ini memposting kode “permintaan komentar” awal mereka pada dukungan dekoder AV1 stateless untuk driver codec video mereka.
Driver MediaTek Vcodec Linux sedang diperluas untuk menangani decoding stateless konten video AV1. 2.3k baris kode baru awal ke driver MediaTek Vcodec ini untuk mendukung dekode AV1 dengan MT8195 SoC sementara mungkin akan diperpanjang untuk SoC yang lebih baru di masa mendatang.

MediaTek MT8195 (Kompanio 1200) berbasis 6nm diumumkan pada akhir tahun 2020 sebagai desain octa-core yang memasangkan empat core Cortex-A78 dengan empat core hemat daya Cortex-A55 sementara ada grafis Mali G57 sementara SoC ini juga menawarkan perangkat keras AV1 percepatan. Dengan MediaTek MT8195 yang dirancang untuk Google Chromebook, mungkin itulah sebabnya MediaTek dengan penuh semangat mengerjakan dukungan dekode video AV1 sumber terbuka hulu ini.
Kode dekode driver stateless MediaTek Vcodec AV1 awal dapat ditemukan di milis kernel.

Itulah berita seputar MediaTek Mempersiapkan Driver Decode Linux Video AV1 Stateless Untuk SoC Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.