Mencoba BSD di Intel Core i9 13900K “Raptor Lake”

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sudah lama sejak mencoba sistem operasi BSD pada perangkat keras mutakhir sementara Phoronix Premium baru-baru ini bertanya tentang BSD di Raptor Lake. Nah, berikut pengalaman awal saya mencoba menjalankan FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, dan DragonflyBSD di desktop Intel Core i9 13900K.
Saya menggunakan Intel Core i9 13900K yang sama, ASUS PRIME Z790-P WIFI, 2 x 16GB DDR5-6000, 1TB WD_BLACK 850 NVMe SSD, dan konfigurasi Radeon RX 6800 XT seperti yang biasa saya uji dengan Linux. Rencananya adalah untuk melihat seberapa baik BSD bekerja dengan prosesor Intel 13th Gen Core “Raptor Lake” generasi terbaru dan akhirnya mendapatkan beberapa pembandingan BSD baru.
Raptor Lake (dan generasi sebelumnya Alder Lake) lebih menantang dengan BSD karena arsitektur hybrid Intel dan Thread Director. Saya tidak mengetahui adanya BSD yang memiliki dukungan untuk penanganan inti hybrid Intel untuk penempatan tugas yang tepat antara inti P dan E. Banyak BSD juga tertinggal dalam penanganan mitigasi keamanannya dibandingkan dengan kernel Linux. Bagaimanapun saya melanjutkan dan mengunduh gambar BSD terbaru dan melanjutkan untuk melihat bagaimana hasilnya di desktop Raptor Lake terbaru ini.

Pertama-tama adalah FreeBSD 13.1 … Mem-boot dari USB sejauh menunjukkan kursor tetapi penginstal FreeBSD TUI tidak pernah muncul …

Mencoba DragonFlyBSD 6.2.2 juga gagal. Memasang sistem file root gagal seperti yang ditunjukkan pada output, ini biasanya berakhir pada perangkat keras yang lebih baru ketika menghadapi masalah USB.

Booting NetBSD 9.3 di Raptor Lake juga gagal.

Setelah tiga boot gagal, yang mengejutkan, OpenBSD 7.2 telah boot dengan baik pada sistem Core i9 13900K! OpenBSD di-boot di Raptor Lake! Namun saat melanjutkan penginstalan, jaringan kabel dan nirkabel untuk motherboard ASUS Z790 ini tidak berfungsi pada rilis OpenBSD terbaru ini. Jadi beralih ke adaptor jaringan USB yang lebih lama untuk memiliki koneksi jaringan. Tapi setidaknya OpenBSD berhasil di mana FreeBSD/DragonFlyBSD/NetBSD gagal. Tetapi untuk bagaimana OpenBSD di Raptor Lake dibandingkan dengan Linux untuk kinerja, itu disimpan untuk artikel lain. Ini hanyalah ikhtisar singkat bagi mereka yang bertanya-tanya tentang keadaan out-of-the-box dari BSD terbaru untuk sistem Intel Core “Raptor Lake”, yang sayangnya tidak senyaman distribusi Linux terbaru dengan prosesor ini.

Itulah berita seputar Mencoba BSD di Intel Core i9 13900K “Raptor Lake”, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.