Menghubungkan Sistem Intel Alder Lake Melalui USB4/Thunderbolt Bisa Lebih Cepat Datang Linux 5.19

Fitur Thunderbolt yang tampaknya tidak dimanfaatkan secara luas memungkinkan dua host/sistem yang berbeda untuk dihubungkan melalui kabel Thunderbolt yang kemudian dapat digunakan untuk tunneling paket data arbitrer menggunakan cincin DMA berkecepatan tinggi. Jika Anda menemukan diri Anda menggunakan pengaturan seperti itu, dimulai dengan Linux 5.19+ itu akan membuka pintu untuk menjadi jauh lebih cepat ketika berjalan pada perangkat keras Intel generasi terbaru untuk USB4/Thunderbolt.
Selama bertahun-tahun Linux telah mendukung penemuan Intel Thunderbolt XDomain dan komponen yang diperlukan untuk menangani koneksi beberapa host/domain melalui Thunderbolt. Linux juga memiliki antarmuka Ethernet virtual yang dapat bekerja dengan Thunderbolt XDomain untuk menyalurkan paket jaringan melalui kabel Thunderbolt (atau sekarang, USB4). Thunderbolt XDomain dapat diperluas dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan lain. Kemampuan ini tetap ada dengan USB4 melalui protokol Layanan Antar-Domain.
Spesifikasi Layanan Antar-Domain USB4 memungkinkan ikatan jalur antara dua domain/host USB4. Namun Linux belum mengimplementasikan aspek ikatan jalur sampai sekarang karena keterbatasan DMA pengontrol host yang tidak akan menghasilkan manfaat apa pun. Namun sekarang dengan sistem Intel Alder Lake di mana DMA dapat mendukung konektivitas lebih dari 20 GBits/dtk, masuk akal bagi Intel untuk menambahkan dukungan ikatan jalur lintas domain ini ke kode driver Thunderbolt/USB4.

Patch oleh Intel’s Mika Westerberg menambahkan ikatan jalur XDomain dan memungkinkannya dengan asumsi kedua sistem/domain dapat menanganinya dan di mana menggunakan manajer koneksi perangkat lunak. Setelah berada di milis kernel yang menjalani peninjauan, pekerjaan pengikatan jalur XDomain telah masuk ke dalam cabang “berikutnya” subsistem Thunderbolt, dengan itu baru saja terjadi, fitur ini masih harus muncul di Linux 5.19.

Itulah berita seputar Menghubungkan Sistem Intel Alder Lake Melalui USB4/Thunderbolt Bisa Lebih Cepat Datang Linux 5.19, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.