Menonaktifkan Mitigasi Spectre V2 Adalah Yang Dapat Mengganggu Kinerja AMD Ryzen 7000 Series

  • Post author:
  • Post category:Linux

Minggu lalu saya membagikan beberapa angka awal betapa mengejutkannya ketika menonaktifkan mitigasi keamanan CPU Zen 4 sebenarnya dapat *melukai* kinerja CPU seri Ryzen 7000. Sementara kebijaksanaan konvensional dan dengan prosesor Intel/AMD sebelumnya menghasilkan kinerja yang lebih baik saat menonaktifkan mitigasi keamanan CPU, dengan Ryzen 9 7950X ternyata pada dasarnya kebalikannya. Sejak itu saya telah melakukan lebih banyak tes dan menggunakan AMD Ryzen 5 7600X untuk mengkonfirmasi hasil sebelumnya dan menggali lebih dalam data.

Data yang dibagikan minggu lalu menunjukkan bahwa untuk sebagian besar pengujian, sebenarnya lebih cepat menjaga AMD Ryzen 9 7950X dalam default dan amankan status mitigasi dengan masih memiliki beberapa kontrol perangkat lunak yang berkaitan dengan Spectre V1/V2/V4. Itulah keadaan Linux yang tidak biasa untuk prosesor Ryzen 7000 “Zen 4” di mana mem-boot kernel dengan “mitigasi = mati” sebenarnya mengarah pada kinerja yang lebih buruk – kebalikan dari apa yang telah kita lihat sebelumnya prosesor x86_64 sebelumnya.

Menggunakan AMD Ryzen 5 7600X bersama dengan beberapa sedikit perbedaan perangkat keras/lunak dan sebagian besar benchmark yang sama, saya mengulangi pengujian hanya untuk mengkonfirmasi temuan minggu lalu. Dan tentu saja, Ryzen 5 7600X jelas berkinerja lebih baik dengan mitigasi default daripada dalam keadaan mitigasi=mati. Berikut adalah sisi-by-side pada Ryzen 5 7600X dengan default versus mitigasi=nonaktif di Linux 6.0:

Untuk sebagian besar tolok ukur, mempertahankan status default lebih cepat daripada mitigasi=nonaktif. Menonaktifkan mitigasi memang membantu dalam sebagian kecil pengujian, sebagian besar berbagai tolok ukur kernel sintetis. Beban kerja Java OpenJDK, beban kerja database, pengujian browser web, dan banyak beban kerja lainnya yang biasanya terkena dampak negatif dari mitigasi Spectre sebenarnya berjalan lebih baik pada sistem Ryzen 5 7600X ini daripada saat menonaktifkan mitigasi.

Sebagai pengingat, Zen 4 tidak terpengaruh oleh sebagian besar kerentanan keamanan CPU yang diketahui. Apa yang masih relevan dari perspektif perangkat lunak berdasarkan MSrs CPU dan diterapkan dengan Linux 6.0 adalah Speculative Store Bypass dinonaktifkan melalui prctl untuk mitigasi SSBD / Spectre V4 dan mitigasi Spectre V1 dari hambatan usercopy/SWAPGS dan sanitasi pointer __user. Kemudian untuk Spectre V2 ada Retpoline, Conditional Indirect Branch Predictor Barriers (IBPB), firmware IBRS, Always-on Single Threaded Indirect Branch Predictors (STIBP), dan pengisian return stack buffer (RSB). mencoba beberapa opsi kernel penargetan lainnya untuk mitigasi ini untuk melihat apa yang secara khusus menyebabkan Zen 4 berjalan lebih lambat saat dinonaktifkan.

Itulah berita seputar Menonaktifkan Mitigasi Spectre V2 Adalah Yang Dapat Mengganggu Kinerja AMD Ryzen 7000 Series, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.