Mesa 22.1 Dirilis Dengan Banyak Perbaikan Vulkan, Kopper Untuk Zink, Driver Imajinasi

Mesa 22.1 keluar hari ini sebagai pembaruan fitur triwulanan terbaru ke tumpukan driver grafis OpenGL/Vulkan open-source yang juga mendukung akselerasi video dan fitur GPU lainnya di desktop Linux.
Mesa 22.1 adalah pembaruan yang menarik dengan banyak pekerjaan seperti biasa di sisi Intel Graphics dan AMD Radeon — baik untuk OpenGL dan Vulkan dari dukungan perangkat keras baru hingga ekstensi baru dan peningkatan lainnya. Di luar perubahan Intel dan AMD yang biasa, Mesa 22.1 memiliki banyak pekerjaan pada Zink termasuk komponen Kopper baru yang ditambahkan untuk memperkaya OpenGL yang diimplementasikan di atas Vulkan, Imagination telah menggabungkan driver PowerVR Rogue Vulkan mereka sementara driver kernel belum upstream, dukungan Intel DG2/Alchemist tampaknya stabil sekarang, dan banyak pekerjaan pada driver yang lebih kecil.

Sorotan Mesa 22.1 meliputi:
– Pemusnahan primitif sinar untuk membantu meningkatkan dukungan penelusuran sinar RADV. Dukungan RADV RT juga lebih jauh untuk dukungan Doom Eternal dan KHR_ray_query.
– Dukungan AMD GFX1036 / GFX1037.
– RADV menambahkan dukungan Dynamic VRS untuk naungan tingkat variabel dalam upaya meningkatkan penghematan daya di Steam Deck dengan perubahan yang dipimpin oleh Valve ini.
– Driver Imajinasi PowerVR Rogue GPU Vulkan digabungkan dalam bentuk awalnya. Driver kernel Imagination DRM/KMS masih ditangani seperti halnya fitur driver Imagination Vulkan lainnya. Senang melihat ini akhirnya terjadi meskipun sedih itu tidak terjadi bertahun-tahun yang lalu.
– Dukungan Intel Arctic Sound M telah ditambahkan — mengikuti jalur kode driver DG2/Alchemist yang sama untuk bagian server yang akan datang ini. Dukungan DG2/Alchemist untuk Mesa 22.1 juga tampaknya dalam kondisi yang baik untuk kartu grafis diskrit Arc Graphics yang akan datang.
– Implementasi driver Vulkan perangkat lunak Lavapipe sekarang memiliki dukungan Vulkan 1.3 dan sejumlah ekstensi baru yang didukung, seperti EXT_graphics_pipeline_library terbaru dan lainnya.
– Banyak perbaikan bug untuk implementasi driver Zink OpenGL-on-Vulkan dan pencapaian terbesar siklus ini adalah penggabungan Kopper.
– Banyak ekstensi baru untuk Radeon RADV dan Intel ANV Vulkan serta driver yang lebih kecil seperti V3DV, Turnip, Venus, dan lainnya.
– Jalur Direct3D 12 untuk digunakan oleh Windows / WSL2 sekarang memiliki dukungan untuk fungsionalitas OpenGL 4.2, naik dari OpenGL 3.3 sebelumnya.
– Lusin “dzn” digabungkan untuk Vulkan yang diimplementasikan pada Direct3D 12 untuk digunakan oleh Windows/WSL.
– Intel memperkenalkan kompiler OpenCL kecil yang akan digunakan sebagai bagian dari implementasi ray-tracing mereka.
– Driver Raspberry Pi V3D OpenGL akhirnya memiliki cache shader di disk.
– Dukungan Encoder Format Conversion (EFC) untuk GPU Radeon dengan VCN 2.0 IP.
– PanVK telah melihat kemajuan pada dukungan shader komputer.
– Venus VirtIO-GPU Vulkan menambahkan kode untuk mendukung ANGLE.
– Driver Nouveau open-source untuk GPU GeForce 6/7/8 lama beralih menggunakan NIR secara default untuk meningkatkan kompilasi shader stack melalui jalur kode NIR-ke-TGSI bagi mereka yang masih menggunakan GPU NVIDIA yang sangat lama ini.
– Peningkatan dukungan profil kompatibilitas OpenGL untuk driver Intel Crocus.
Mesa 22.1 adalah pembaruan yang cukup sehat untuk tumpukan 3D ruang pengguna open-source ini sementara Mesa 22.2 sudah dalam pengembangan untuk rilis kuartal berikutnya.
Jika Anda membangun Mesa dari sumber, Anda dapat mengambil sumber terbaru melalui Mesa3D.org dan ada pengumuman rilis singkat di milis.

Itulah berita seputar Mesa 22.1 Dirilis Dengan Banyak Perbaikan Vulkan, Kopper Untuk Zink, Driver Imajinasi, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.