Mesa 22.1 Dirilis dengan Peningkatan untuk Elden Ring, Apex Legends, Zink, dan Lainnya


Hari ini, seri tumpukan grafis sumber terbuka Mesa 22.1 telah dirilis sebagai pembaruan signifikan lainnya untuk driver grafis sumber terbuka pada distribusi GNU/Linux yang menghadirkan banyak fitur dan peningkatan baru. , dukungan D3D12 GL4.2, dukungan Vulkan 1.3 pada Lavapipe, dan backport antarmuka Kopper untuk driver Zink OpenGL-on-Vulkan untuk menyediakan sedikit informasi server tampilan.

Ini juga memperkenalkan beberapa ekstensi OpenGL dan Vulkan baru, termasuk GL_NV_pack_subimage, VK_EXT_control_depth_clip pada driver Lavapipe dan RADV (Radeon Vulkan), VK_EXT_image_2d_view_of_3d pada driver ANV dan Lavapipe, serta VK_EXT_graphics_pipeline_library, VK_EXT_primitives_generated_query, dan VK_KHR_swapchain_swapchain_formatn favorit Anda. Mesa 22.1 menambahkan perbaikan untuk Elden Ring dengan driver RADV, Apex Legends, GRID Autosport melalui Proton/Vulkan dengan driver AMDGPU, Senran Kagura Shinovi Versus dengan driver RADV, seri Thief dengan driver Panfrost, dan Baldur’s Gate: Dark Alliance di Emulator Xbox CXBX-R di bawah Wine dengan driver Gallium Nine.

Ini juga meningkatkan dukungan untuk Rage 2 di Radeon RX 5700 XT, Quake 2 RTX, The Evil Within 2, dan Ghostwire: Tokyo dengan driver RADV, Outer Wilds, dan DOOM Eternal dengan driver ANV terbaru, Black Geyser: Couriers of Darkness dengan driver RadeonSI, Amnesia: The Dark Descent dengan driver r300, Age of Empires IV di A650/A660, Aperture Desk Job, Dragon’s Dogma, dan menu Pengaturan menghilang masalah dengan KDE Plasma desktop environment.

Anda dapat mengunduh Mesa 22.1.0 sekarang juga dari sini. Tentu saja, Mesa 22.1.0 dianggap sebagai rilis pengembangan baru, jadi jika Anda khawatir tentang stabilitas dan keandalan sistem GNU/Linux Anda, Anda harus tetap menggunakan seri Mesa 22.0 hingga Mesa 22.1.1 keluar dalam beberapa menit. minggu sebagai rilis stabil terbaru.

Sumber: Google, 9to5linux.com