Mesa Di Windows Terus Meningkat: Dzn Dynamic Rendering, WGL Kopper Lands

Sementara sampai saat ini tidak ada vendor perangkat keras utama yang berfokus pada driver berbasis Mesa open-source mereka untuk berjalan di Windows (meskipun telah ada pekerjaan independen seperti membangun RADV di Windows), kode Mesa lainnya terlihat menarik dan digunakan di bawah Windows.
Seperti yang sudah diketahui oleh pembaca Phoronix biasa, Microsoft telah banyak berinvestasi dalam memanfaatkan Mesa untuk penggunaan di Windows untuk kasus Subsistem Windows untuk Linux (WSL2) atau di mana tidak ada driver OpenGL/OpenCL/Vulkan perangkat keras asli tetapi dengan memanfaatkan kode Mesa dapat memungkinkan untuk menjalankan di atas driver Direct3D 12. Upaya yang dipimpin Microsoft untuk mengeksploitasi Mesa untuk meningkatkan kompatibilitas API/standar terbuka di atas driver Direct3D 12 Windows terus berlanjut.
Dengan hadirnya Mesa 22.1, sekarang ada implementasi Dozen “DZN” yang mengambil bentuk untuk Vulkan di atas Direct3D 12. Yang terbaru untuk melaporkan bagian depan itu adalah rendering dinamis untuk DZN.
Selain penggabungan rendering dinamis, DZN telah melihat KHR_draw_indirect_count ditambahkan bersama dengan ekstensi Vulkan terbaru lainnya. Ada juga penanganan kesalahan refactored dan peningkatan kode lainnya yang digabungkan minggu ini.
Secara terpisah, Zink di Windows juga menjadi kenyataan untuk dukungan OpenGL di Vulkan. Seperti yang dilaporkan awal pekan ini, Zink di Windows membuat kemajuan dengan Kopper. Ini sebagian karena X-Plane ingin mengirimkan Zink sebagai bagian dari X-Plane 12 untuk plug-in dan kode lain yang bergantung pada OpenGL. Daripada mengandalkan ekstensi interoperabilitas OpenGL/Vulkan yang tidak didukung dengan baik di seluruh platform, X-Plane hanya dapat mengandalkan Zink dan driver Vulkan host untuk semua dukungan rendering.
Sejak artikel sebelumnya tentang meningkatkan Zink di Windows, pagi ini dukungan WGL Kopper digabungkan. Disebutkan juga dalam permintaan penggabungan bahwa rencananya adalah untuk mendukung dukungan WGL Kopper untuk seri Mesa 22.1.

Saat-saat menarik yang kita jalani dengan Mesa semakin banyak digunakan di Windows…

Itulah berita seputar Mesa Di Windows Terus Meningkat: Dzn Dynamic Rendering, WGL Kopper Lands, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.