Mesa Sekarang Dapat Dibangun Dengan Codec Video Terpilih Dinonaktifkan Untuk Masalah Paten Perangkat Lunak

Perubahan yang digabungkan ke Mesa 22.2 pada hari Kamis menambahkan opsi build Meson untuk dapat secara opsional mengontrol codec video yang didukung oleh Mesa untuk jalur encoding/decoding videonya.
Meskipun masih bergantung pada GPU/driver untuk codec video apa yang dapat bekerja dengan akselerasi GPU di Mesa, ini memungkinkan pembuatan kode Mesa untuk codec video tertentu jika dianggap tidak diinginkan. Khususnya, jika khawatir tentang induk perangkat lunak dan ingin membatasi pembuatan Mesa untuk memilih codec di mana paten perangkat lunak tidak menjadi perhatian. Opsi build Meson baru untuk Mesa ini akan memberikan manfaat utama bagi vendor distribusi Linux di mana terdapat masalah hukum terbesar dan bertujuan untuk mengurangi kemungkinan risiko.
David Airlie dari Red Hat menulis perubahan tersebut.

Airlie berkomentar, “Ini memungkinkan untuk mengaktifkan/menonaktifkan semua implementasi hw untuk codec video tertentu di seluruh pohon. Codec yang dibebani paten dapat menyebabkan masalah untuk distribusi karena sifat setidaknya lisensi MPEG-LA…Dari distro [titik of view], biaya codec adalah teka-teki jigsaw, Anda sepertinya hanya menjadi masalah ketika Anda memasukkan semua bagian. Patch ini akan memungkinkan menonaktifkan bagian mesa dari teka-teki.

Itulah berita seputar Mesa Sekarang Dapat Dibangun Dengan Codec Video Terpilih Dinonaktifkan Untuk Masalah Paten Perangkat Lunak, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.