Microsoft Menambahkan Dukungan AV1 Decode Ke Driver Mesa D3D12 mereka

  • Post author:
  • Post category:Linux

Insinyur Microsoft terus berupaya meningkatkan driver Direct3D 12 mereka di dalam Mesa untuk memberi manfaat bagi penggunaan Windows Subsystem for Linux (WSL2) dan sejenisnya.
Microsoft baru-baru ini bekerja pada dukungan VA-API “async” yang lebih cepat yang menguntungkan tidak hanya driver mereka tetapi juga akselerasi video yang lebih cepat untuk RadeonSI, encode/decode HEVC, dan berbagai tambahan terbaru lainnya untuk Mesa oleh para insinyur mereka. Yang terbaru di bagian depan akselerasi video VA-API saat menjalankan driver D3D12 mereka sekarang mendukung decoding video AV1.
Bahkan Microsoft tertarik dengan AV1 Acceleration.

Kode Mesa 22.3 terbaru minggu ini menambahkan decode video AV1 dengan driver D3D12 untuk format NV12 dan P010. Selain itu, pull request yang sama menambahkan dukungan P010 untuk encode/decode HEVC, dan dukungan konversi warna NV12/RGBX/RGBA/P010 dalam kode prosesor video. Akibatnya beberapa titik masuk VA-API baru juga terbuka, memungkinkan dukungan perangkat keras.
Lihat permintaan penggabungan ini jika tertarik dengan karya video D3D12 yang masuk ke Mesa sumber terbuka untuk pada akhirnya menguntungkan pengguna Windows. Semua perubahan terbaru ini akan menjadi bagian dari Mesa 22.3 dengan rilis stabilnya diharapkan sekitar bulan Desember.

Itulah berita seputar Microsoft Menambahkan Dukungan AV1 Decode Ke Driver Mesa D3D12 mereka, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.