MX Linux 21.1 Dirilis dengan Linux 5.16 untuk AHS Edition, Berdasarkan Debian GNU/Linux 11.3


Tim pengembangan MX Linux hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum MX Linux 21.1 sebagai rilis titik pertama untuk seri sistem operasi “Wildflower” MX Linux 21 terbaru.

MX Linux 21.1 hadir di sini empat setengah bulan setelah MX Linux 21, yang adalah rilis pertama dari distribusi bebas sistem ini yang didasarkan pada seri sistem operasi “Bullseye” Debian GNU/Linux 11, untuk memberikan citra ISO terbaru kepada komunitas untuk penerapan baru.

Berdasarkan Debian GNU/Linux 11.3 , MX Linux 21.1 membawa kembali utilitas disk-manager ke image ISO, menambahkan berbagai peningkatan pada penginstal, memperbarui banyak paket pra-instal, dan memperkenalkan utilitas mx-samba-config bagi mereka yang ingin mengonfigurasi Samba dan CIFS berbagi dalam cara desktop-agnostik.

Selain itu, rilis ini menabrak versi kernel pada image AHS (Advanced Hardware Support), yang menampilkan lingkungan desktop Xfce secara default, ke Linux 5.16. Rilis MX Linux 21 AHS sebelumnya dikirimkan dengan kernel Linux 5.14, yang mencapai akhir masa pakainya pada akhir November 2021.
“MX-21.1 adalah pembaruan pertama dari rilis MX-21 kami, yang terdiri dari perbaikan bug, kernel, dan pembaruan aplikasi sejak rilis asli MX-21 kami. Jika Anda sudah menjalankan MX-21, tidak perlu menginstal ulang. Semua paket tersedia melalui saluran pembaruan reguler,” kata devs.
Jika Anda ingin menginstal rilis MX Linux terbaru di komputer baru, sangat disarankan agar Anda mengunduh image ISO terbaru, MX Linux 21.1, yang tersedia untuk sistem 64-bit dan 32-bit dengan lingkungan desktop Xfce dan KDE Plasma, serta pengelola jendela Fluxbox yang sudah diinstal sebelumnya.

Di sisi lain, jika Anda menjalankan MX Linux 21, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat pastikan Anda telah menginstal pembaruan terbaru. Untuk itu, Anda harus menjalankan perintah sudo apt update && sudo apt full-upgrade di terminal emulator.
Download MX Linux 21.1

Sumber: Google, 9to5linux.com