Neptune 7.0 “Faye” Dirilis dengan Zswap, Berdasarkan Debian GNU/Linux 11 “Bullseye”


Leszek Lesner hari ini mengumumkan ketersediaan umum Neptune 7.0, rilis utama dari distribusi GNU/Linux berbasis Debian yang dibangun di sekitar lingkungan desktop KDE Plasma. Rilis 7.0 didasarkan pada seri sistem operasi Debian GNU/Linux 11 “Bullseye” terbaru dan terbaik dan didukung oleh seri kernel Linux 5.10 LTS jangka panjang yang didukung.

Dijuluki “Faye,” setelah anggota kru Bebop dari Cowboy Serial anime Bebop, Neptune 7.0 dikirimkan dengan lingkungan desktop KDE Plasma 5.20.5 yang telah dipercantik dengan tema khusus Neptunus baru yang sepenuhnya kompatibel dengan gaya widget Breeze KDE Plasma.

Tema baru, yang dapat Anda lihat pada tangkapan layar di atas, menghadirkan tampilan dan nuansa datar yang halus namun modern untuk Neptune Linux. Selain itu, rilis baru ini hadir dengan variasi bawaan dari tema ikon datar Tela untuk menyertai tema desktop baru, dan panel default sekarang memungkinkan pengguna menyematkan lebih banyak aplikasi dan tugas ke dalamnya.

Lingkungan desktop KDE Plasma di Neptune 7.0 juga menerima beberapa penyesuaian kecil untuk membuat pengalaman desktop Neptune Linux Anda lebih baik. Misalnya, sekarang ada opsi menu konteks klik kanan untuk membuka pengelola file Dolphin sebagai root (administrator sistem) dan untuk mengatur file gambar sebagai wallpaper.

Fitur menarik lainnya ada di bawah tenda, karena Neptune Linux sekarang dikirimkan dengan Zswap alih-alih ZRAM , yang merupakan fitur kernel yang menyediakan cache RAM terkompresi untuk halaman swap, memungkinkan Neptune untuk mendukung fitur Suspend to Disk sekali lagi jika partisi/ruang swap cukup besar. Ini adalah kabar baik bagi mereka yang menginstal Neptune Linux pada mesin berspesifikasi rendah.

Tentu saja, banyak aplikasi pra-instal telah diperbarui, tetapi yang lain telah dihapus. Rilis ini juga menggunakan versi terbaru dari library Qt 5.
“Untuk beberapa aplikasi, kami memutuskan untuk menghapus dukungan seperti pengelola snapshot dan pembuat persisten. Aplikasi tersebut semakin jarang digunakan oleh pengguna kami dan upaya untuk memindahkannya ke basis yang lebih baru tidak masuk akal lagi,” jelas pengembang Neptune Leszek Lesner. Unduh Neptune 7.0
Terima kasih Daniel untuk tipnya!

Sumber: Google, 9to5linux.com