Nitrux 2.2 Berbasis Debian Beralih ke Kernel Linux 5.17, Menambahkan Enkripsi Disk Penuh

  • Post author:
  • Post category:Linux


Uri Herrera hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Nitrux 2.2 sebagai image ISO live/instal terbaru yang stabil dari distribusi GNU/Linux berbasis Debian dan bebas sistem yang dibangun di sekitar lingkungan desktop KDE Plasma modern.

Nitrux 2.2 adalah rilis pertama dari distribusi untuk membuang kernel Linux 5.15 LTS yang didukung jangka panjang dan beralih ke seri kernel Linux 5.17 yang lebih baru secara default, tentu saja dalam rasa XanMod seperti rilis sebelumnya. Sayangnya, kernel Linux 5.18 yang baru-baru ini dirilis tidak masuk dalam rilis ini karena modul broadcom-sta-dkms gagal dikompilasi terhadap DKMS.

Salah satu perubahan paling keren dalam rilis ini adalah kemampuan pengguna untuk melakukan enkripsi disk penuh dari instalasi Nitrux baru mereka saat menggunakan opsi partisi otomatis (Ganti Partisi dan Hapus Disk) di penginstal grafis Calamares. Opsi ini dapat ditemukan di bagian bawah layar partisi dan mengharuskan Anda memasukkan kata sandi yang kuat, yang akan ditanyakan setiap kali Anda mem-boot sistem.

Rilis Nitrux 2.1.1 bulan lalu memperkenalkan citra ISO khusus dengan driver grafis NVIDIA berpemilik bagi mereka yang ingin menginstal distribusi systemd-free di komputer dengan GPU NVIDIA. Nitrux 2.2 dikirimkan dengan bukan hanya satu, tetapi dua ISO NVIDIA, satu menampilkan driver grafis NVIDIA yang lebih baru untuk GPU NVIDIA modern dan yang lainnya menampilkan driver NVIDIA lama untuk kartu grafis lama. Pengembang mencatat fakta bahwa Anda mungkin perlu menambahkan konfigurasi X11 Nitrux agar NVIDIA PRIME berfungsi dengan benar di beberapa laptop.

Selain itu, Nitrux 2.2 meningkatkan dukungan perangkat keras dengan menyertakan lebih banyak paket yang berisi firmware Broadcom dan memperbarui driver sumber terbuka AMDVLK AMD Vulkan , paket amd64-microcode, dan linux-firmware. Selain itu, rilis ini meningkatkan dukungan game dengan menyertakan paket vkBasalt, lapisan pasca-pemrosesan Vulkan untuk meningkatkan grafis visual game, serta tumpukan grafis Mesa 22.2-git. Pilihan perangkat lunak default

Nitrux telah diperbarui dalam versi ini. rilis ke rilis terbaru, termasuk KDE Plasma 5.24.5, KDE Frameworks 5.94, KDE Gear 22.04.1, Mozilla Firefox 101, LibreOffice 7.3.1, MauiKit 2.1.2, dan NX Software Center 2.1.2 dengan AppRepo sebagai AppImage baru sumber repositori. Aplikasi baru juga telah diperkenalkan di Nitrux 2.2, yaitu Bonsai, manajer versi kontrol Git yang sederhana dan cepat.

Di antara perubahan penting lainnya, Nitrux 2.2 menambahkan paket yang menyertakan utilitas untuk mendeteksi dan mengonfigurasi printer secara otomatis, bersama dengan bantuan PolicyKit untuk konfigurasikan server pencetakan CUPS dengan hak istimewa, dan perbarui konfigurasi KWin desktop Plasma untuk mengatur jendela dalam kotak ketika efek Tinjauan diaktifkan.

Jika Anda ingin mencoba Nitrux di komputer pribadi Anda, Anda dapat mengunduh Nitrux 2.2 dengan benar sekarang dari situs resminya. Pengguna Nitrux yang ada akan dapat memperbarui instalasi mereka dengan menjalankan perintah pkcon refresh && pkcon update di emulator terminal.
Download Nitrux 2.2

Sumber: Google, 9to5linux.com