NVIDIA Mempublikasikan File Header 3D Senilai 73k Baris Untuk Fermi Melalui Ampere GPU

  • Post author:
  • Post category:Linux

Selain NVIDIA yang sibuk mengerjakan transisi ke driver kernel GPU open-source, kemarin mereka membuat kontribusi dokumentasi open-source publik yang langka… NVIDIA diam-diam menerbitkan file header senilai 73k baris untuk mendokumentasikan kelas 3D untuk Fermi mereka melalui GPU Ampere generasi saat ini!
Ke portal Open-GPU-Docs NVIDIA, mereka telah memposting file header kelas 3D senilai 73 ribu baris yang mencakup GPU RTX 30 “Ampere” kembali melalui prosesor grafis GeForce 400/500 “Fermi” yang berusia satu dekade.

File header ini menentukan kelas yang digunakan untuk memprogram mesin 3D GPU, header tekstur dan layout sampler tekstur didokumentasikan, dan bit pemrograman terkait 3D lainnya. Memiliki semua file header ini akan berguna bagi pengembang driver Nouveau open-source untuk menghemat rekayasa balik dan tebakan/ketidakpastian atas bit tertentu.
GPU kembali ke Fermi GTX 400 hari mendapat manfaat dari rilis dokumentasi NVIDIA minggu ini.

NVIDIA’s Open GPU Kernel Driver hanya untuk seri GeForce RTX 20 “Turing” dan yang lebih baru, jadi senang melihat NVIDIA sekarang memposting dokumentasi ini kembali ke Fermi yang memang untuk membantu komunitas open source / Nouveau.
Meskipun semua header 3D ini bagus, salah satu pemblokir utama untuk driver open-source Nouveau saat ini adalah kurangnya clocking ulang pada GPU GeForce GTX 900 “Maxwell” dan yang lebih baru. GPU tersebut macet untuk berjalan pada kecepatan jam boot mereka yang cenderung sangat lambat. Nouveau telah dipertahankan dengan melakukan re-clocking ke frekuensi clock optimal terukur di atas persyaratan firmware PMU yang ditandatangani dengan seri GTX 900 dan yang lebih baru. Jadi pada GPU NVIDIA yang lebih baru, kinerja driver Nouveau sangat lambat dan bahkan pada seri GeForce GTX 600/700 di mana ada re-clocking, itu perlu dilakukan secara manual dan driver NVIDIA tetap lebih cepat. Itulah gajah di ruangan selama beberapa tahun terakhir karena berkaitan dengan driver DRM Nouveau yang ada dan apa yang mencegah driver open-source ini menjadi lebih berguna. Sementara itu, pengembang Nouveau masih bekerja untuk menambahkan dukungan Ampere OpenGL ke driver Gallium3D mereka dan membuat perubahan driver kernel DRM Nouveau yang diperlukan, yang sayangnya terlewatkan pada siklus v6.0.
Setidaknya kelas 3D yang didokumentasikan mungkin terbukti dapat membantu untuk pekerjaan tahap yang masih sangat awal seputar driver Vulkan open-source untuk Mesa.
Waktu NVIDIA membuka kelas 3D ini kembali ke Fermi menarik dan berpotensi terkait dengan SIGGRAPH 2022 yang terjadi minggu ini.
Mereka yang ingin mengambil dokumentasi GPU open-source terbaru NVIDIA dapat menemukannya melalui repositori GitHub ini.

Itulah berita seputar NVIDIA Mempublikasikan File Header 3D Senilai 73k Baris Untuk Fermi Melalui Ampere GPU, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.