NVIDIA Menerbitkan Firmware Ampere yang Ditandatangani Untuk Akhirnya Memungkinkan Dukungan Sumber Terbuka yang Dipercepat

Beberapa hari setelah kode driver kernel open-source baru muncul dalam penurunan kode Tegra, NVIDIA hari ini telah menerbitkan gambar firmware yang ditandatangani untuk prosesor grafis RTX 30 “Ampere” mereka untuk akhirnya memungkinkan dukungan driver open-source untuk melanjutkan untuk GPU generasi terbaru ini .
NVIDIA memperkenalkan seri GeForce 30 pada September 2020 ketika GPU pertama muncul. Sejak hari peluncuran telah ada dukungan driver resmi NVIDIA melalui tumpukan driver grafis milik mereka sementara hingga saat ini dukungan sumber terbuka adalah M.I.A.

Tahun lalu, dukungan Nouveau untuk Ampere di Linux 5.11 hanya untuk pengaturan mode kernel agar dapat menggerakkan tampilan yang terpasang pada resolusi yang tepat tetapi tanpa akselerasi perangkat keras apa pun. Seperti generasi GPU NVIDIA sebelumnya yang kembali ke seri “Maxwell” GTX 900, dukungan driver sumber terbuka bergantung pada NVIDIA yang menerbitkan gambar firmware yang ditandatangani untuk GPU ini. Tanpa binari firmware yang ditandatangani secara kriptografis, Nouveau tidak dapat menginisialisasi perangkat keras untuk akselerasi 3D karena kontrol yang lebih ketat yang dimasukkan NVIDIA ke dalam perangkat keras.
Bahkan dengan gambar firmware yang ditandatangani, masih ada komplikasi seputar re-clocking GPU untuk keluar dari frekuensi boot clock yang agak rendah. Komplikasi seputar manajemen daya dalam konteks gambar firmware yang ditandatangani berarti seri GTX 900 dan yang lebih baru belum dapat beroperasi dengan driver open-source pada frekuensi clock yang optimal… Jadi hingga saat ini driver open-source terbaik dukungan tetap dengan kartu grafis GTX 700 “Kepler” dan GTX 750 “Maxwell1” yang tidak memiliki batasan firmware ini.

Berita hari ini adalah NVIDIA menerbitkan gambar firmware yang ditandatangani untuk GPU Ampere. GPU GA102 / GA103 / GA104 / GA106 / GA107 sekarang memiliki gambar firmware yang ditandatangani sekarang telah dipublikasikan.

In gilirannya ini memungkinkan Nouveau (dan upaya driver sumber terbuka lainnya) untuk melanjutkan dalam mengaktifkan dukungan akselerasi 3D untuk GPU RTX 30 “Ampere” saat ini. Namun, kecuali ada beberapa terobosan ajaib, ia masih akan menghadapi keterbatasan re-clocking / perjuangan manajemen daya yang terlihat sejak seri GTX 900. Selain itu, Nouveau belum memiliki driver Vulkan yang berfungsi sehingga dukungan driver open-source Nouveau tetap agak suram dan penggunaan terbatas dengan perangkat keras dan beban kerja saat ini.
Pada saat penulisan, saya belum melihat tambalan Nouveau Ampere untuk dukungan yang dipercepat yang diterbitkan, tetapi akan segera diterbitkan terutama dengan Ben Skeggs dari Red Hat yang telah menguji firmware yang ditandatangani ini untuk NVIDIA dan dia adalah pengelola DRM Nouveau dan yang umumnya dibiarkan bekerja pada dukungan driver kernel Nouveau ini.
Setelah satu setengah tahun menunggu firmware bertanda Ampere untuk diterbitkan, kami sekarang beberapa bulan lagi dari peluncuran seri NVIDIA GeForce RTX 40 ketika proses ini berulang lagi — kecuali jika ada perubahan nyata dalam sumber terbuka strategi ke depan. Kecuali Anda masih mengandalkan GPU seri GeForce GTX 600/700, dukungan driver Linux terbaik di sisi NVIDIA tetap dengan driver berpemilik mereka jika menyangkut kinerja, Vulkan, komputasi, dan fungsionalitas lainnya.

Itulah berita seputar NVIDIA Menerbitkan Firmware Ampere yang Ditandatangani Untuk Akhirnya Memungkinkan Dukungan Sumber Terbuka yang Dipercepat, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.