Oh GuC: Grafik Intel ADL-P Di Linux 5.19 Akan Rusak Kecuali Anda Juga Mengupgrade Firmware

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sebagai pengumuman layanan publik bagi mereka yang telah membeli laptop Alder Lake P atau berpikir untuk mendapatkannya, dengan peningkatan kernel, Anda harus berhati-hati/sadar sekarang untuk memutus dukungan grafis yang dipercepat karena persyaratan firmware berversi di sekitar mikrokontroler GuC. Sementara saya terkejut Linus Torvalds mengizinkan ini atau bertanya-tanya apakah dia bahkan menyadarinya mengingat pernyataan masa lalunya tentang pembaruan kernel Linux tidak merusak ruang pengguna, penanganan firmware Intel GuC yang diversi dan tidak mendukung kompatibilitas mundur dapat membuat kunci pas ke dalam peningkatan Anda pengalaman seperti dengan kernel Linux 5.19 yang akan datang. Setelah menyelesaikan pembandingan Linux Intel Core i7 1280P “Alder Lake P” saya baru-baru ini yang dilakukan menggunakan Linux 5.18 stable, saya melanjutkan untuk menguji kernel Linux 5.19 untuk melihat bagaimana kinerjanya dengan kernel baru itu… Lagi pula, pada beberapa sistem ada keuntungan yang sangat bagus dengan v5.19 Git lebih dari 5.18 dan sebelumnya. Ketika melompat ke Linux 5.19 Git terbaru menggunakan build harian Ubuntu Mainline Kernel PPA yang nyaman, saya terkejut menemukan grafik yang dipercepat tidak berfungsi. Laptop Intel Evo Alder Lake P baru yang mengkilap kembali menggunakan LLVMpipe… Mengira itu adalah beberapa masalah perangkat keras acak atau bug yang tidak terdeteksi sekarang pada status 5.19-rc6, yang dengan cepat terbukti bukan masalahnya melainkan perubahan Intel yang disengaja. Saat melihat keluaran dmesg, grafik Alder Lake P gagal diinisialisasi karena firmware yang hilang. Memutakhirkan ke Linux 5.19 pada laptop Intel ADL-P ini mengakibatkan Grafik Xe tidak berfungsi karena sekarang -memerlukan- firmware yang lebih baru.

Dengan Alder Lake P, firmware untuk pengontrol mikro GuC dan penggunaannya sekarang wajib. Dengan generasi grafis Intel sebelumnya selama bertahun-tahun kembali ke grafis Gen9 dengan Skylake, penggunaan GuC bersifat opsional. “Pengontrol mikro grafis” ini digunakan untuk membongkar beberapa tugas dari driver dan dapat digunakan untuk penjadwalan konteks grafis tingkat rendah, otentikasi mikrokontroler HEVC/H.264 (HuC), dan baru-baru ini bahkan manajemen daya. Dengan perangkat keras sebelumnya, GuC belum digunakan secara default tetapi diperlukan pengaturan parameter modul GuC untuk driver i915 (i915.enable_guc=1). Sekarang dengan Alder Lake P dan semua platform Intel masa depan (termasuk grafis diskrit DG2/Alchemist), firmware GuC dan penggunaannya sekarang wajib karena manajemen daya diturunkan ke pengontrol mikro ini. Tapi ini bukan masalah hanya memastikan firmware GuC ada di sana, tetapi versi firmware GuC yang benar hadir untuk kernel yang Anda berikan. Dengan Linux 5.19, ini menjadi nyata ketika memutakhirkan kernel pada laptop Core i7 1280P ini yang dengan senang hati menjalankan Linux 5.18 hanya untuk menemukan inisialisasi i915 sekarang gagal. Firmware GuC 69 telah ada di sistem dan sedang digunakan tetapi sekarang dengan Linux 5.19 driver mengharapkan firmware GuC 70 hadir dan tidak mendukung kompatibilitas mundur dengan memuat firmware sebelumnya. Antarmuka firmware/driver GuC tampaknya tidak stabil dan sekarang hingga versi 70.

Kerusakan dengan Linux 5.19 datang melalui komit ini menghapus firmware GuC 69 dan pergi untuk 70. Pesan komit itu juga menegaskan kembali churn lanjutan dari GuC dengan pembaruan yang memerlukan perubahan driver: Firmware GuC terbaru menjatuhkan kumpulan deskriptor konteks untuk meneruskan semua data pembuatan di H2G buat. Ini juga sangat menyederhanakan antrian kerja dan menghapus deskriptor proses yang digunakan untuk pengiriman multi-LRC. Jadi, hapus semua penyebutan LRC dan proses deskriptor dan perbarui kode registrasi yang sesuai. Sayangnya, API baru juga menghilangkan kemampuan untuk menetapkan nilai default untuk kebijakan penjadwalan pada waktu pendaftaran konteks. Sebaliknya, H2G tindak lanjut harus dikirim. Perintah H2G pembaruan kebijakan penjadwalan individu juga dibatalkan demi H2G berbasis KLV tunggal. Jadi, ubah pembungkus pembaruan yang sesuai dan panggil ini selama pendaftaran konteks …. Ini bukan pertama kalinya mereka membutuhkan firmware GuC baru, tetapi setidaknya dengan pekerjaan sebelumnya pada firmware pengontrol mikro grafis Intel yang menanganinya untuk perangkat keras pada titik yang belum dirilis atau untuk perangkat keras generasi sebelumnya yang tidak wajib untuk penggunaan GuC. Sekarang dengan Linux 5.19, grafik Alder Lake P di laptop yang dirilis dapat rusak jika tidak juga beralih ke firmware versi baru secara bersamaan. Setidaknya meskipun versi GuC tidak memutus setiap siklus kernel. Grafik ADL-P Xe berfungsi dengan baik setelah mengunduh binari firmware “GuC 70” terbaru. Dengan GuC sekarang menjadi wajib untuk perangkat keras masa depan juga, ini adalah sesuatu yang harus diingat oleh pengguna Intel ketika meningkatkan ke versi kernel yang baru. Intel memang menambahkan binari firmware GuC 70 ke pohon linux-firmware.git pada bulan April tetapi setidaknya untuk Ubuntu 22.04 LTS mereka tidak mengirimkan firmware itu karena kernel Linux 5.15 mereka yang lebih lama menargetkan GuC 69. Firmware GuC yang lebih lama untuk berbagai generasi Intel terus dibawa di pohon linux-firmware.git. Untungnya versi GuC utama tampaknya tidak terlalu sering diperkenalkan, tetapi tetap saja itu adalah perubahan yang pada akhirnya memecah ruang pengguna. Saya pikir beberapa tahun yang lalu Linus Torvalds mengomel terhadap perilaku serupa (dengan chipset WiFi jika ingatan saya) bahwa kernel yang lebih baru tidak dapat mengamanatkan firmware yang lebih baru sambil melanggar kompatibilitas mundur, tetapi saya tidak dapat menemukan pesan yang tepat yang sepertinya saya ingat. Tetapi mengingat komentarnya secara umum bahwa kernel tidak boleh merusak kompatibilitas biner ruang pengguna dan mencoba mempertahankan pengalaman pengguna yang konsisten, tampaknya versi firmware Intel GuC bertentangan dengan ideal itu. Paling tidak, sekarang Anda menyadari kemungkinan masalah ini untuk ditangani saat memutakhirkan kernel Anda di Alder Lake P dan platform yang lebih baru pada saat versi firmware GuC berubah.

Itulah berita seputar Oh GuC: Grafik Intel ADL-P Di Linux 5.19 Akan Rusak Kecuali Anda Juga Mengupgrade Firmware, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.