Open-Source NVIDIA “Nouveau” Driver Melihat Beberapa Perubahan Untuk Linux 5.20

  • Post author:
  • Post category:Linux

Belum banyak yang dilaporkan akhir-akhir ini untuk driver Nouveau yang direkayasa ulang yang menyediakan dukungan driver GPU NVIDIA open-source di Linux. Beberapa seri kernel Linux baru-baru ini bahkan belum melihat permintaan penarikan driver Nouveau DRM/KMS dengan perubahan. Untuk siklus Linux 5.20 yang akan datang, serangkaian perubahan Nouveau dikirim hari ini ke DRM-Next tetapi cukup kecil.
Keadaan tumpukan driver open-source Nouveau tetap agak menyedihkan. Meskipun ada beberapa pekerjaan pada akselerasi GPU Ampere sekarang setelah binari firmware keluar, itu masih dalam tahap awal. Selama di ruang Mesa, ada pekerjaan awal menuju dukungan Vulkan tetapi kode Gallium3D dengan OpenGL adalah fokus utama mereka tetapi masih jarang mengalami perubahan. Ada juga pekerjaan OpenCL Gallium3D oleh Red Hat juga untuk Nouveau tetapi masih belum ada yang kuat untuk pengguna akhir saat ini. Yang paling bermasalah adalah dukungan Nouveau “terbaik” tetap dengan seri GeForce GTX 600/700 “Kepler” (dan GTX 750 “Maxwell1”) yang sudah tua karena tidak memerlukan gambar firmware yang ditandatangani dan tersedia dukungan clocking ulang. Dukungan re-clocking memungkinkan untuk mengoperasikan kartu grafis pada frekuensi pengenalnya daripada dibatasi pada frekuensi clock rendah yang diprogram pada waktu booting. Meskipun demikian, pencatatan ulang masih perlu dilakukan secara manual oleh pengguna.
GeForce GTX 780 Ti yang berusia hampir sepuluh tahun pada dasarnya tetap menjadi kartu grafis kelas atas untuk penggunaan sumber terbuka Nouveau saat ini.

Karena kekurangan re-clocking dengan seri GeForce GTX 900 dan yang lebih baru dan kekacauan di sekitar file firmware biner, Nouveau tetap menjadi kekacauan yang tidak menguntungkan bagi generasi GPU NVIDIA yang lebih baru. Sekarang dengan Linux 5.20, David Airlie melangkah hari ini untuk mengantri beberapa perubahan yang dikerjakan oleh Ben Skeggs — keduanya insinyur dari Red Hat. Perubahan ini meskipun berjumlah beberapa perbaikan dasar dan peningkatan kode.
Airlie menulis dengan permintaan tarik hari ini untuk DRM-Next, “Ini adalah satu set patch misc nouveau skeggsb yang tersisa dalam antrian, hanya membuang beberapa dari mereka.”
Jadi tidak ada yang menarik tetapi setidaknya ada beberapa perubahan untuk Nouveau dengan Linux 5.20.
Sementara itu di bagian depan driver kernel GPU NVIDIA terbuka, tidak ada yang baru untuk dilaporkan pada saat ini. Kode perlu dikerjakan ulang/ditulis secara signifikan sebelum digarisbawahi di antara hambatan lain di jalan. Tidak ada yang terjadi untuk Linux 5.20 tetapi akan menjadi upaya jangka panjang.

Itulah berita seputar Open-Source NVIDIA “Nouveau” Driver Melihat Beberapa Perubahan Untuk Linux 5.20, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.