Open-Source VIA Graphics Driver Berharap Dimainkan Untuk Linux 5.20

  • Post author:
  • Post category:Linux

2022 tentu terlihat menarik di depan driver grafis open-source … Anda mungkin tidak memiliki Imajinasi yang menerbitkan driver PowerVR Vulkan open-source pada kartu bingo 2022 Anda atau NVIDIA yang bekerja pada driver kernel GPU open-source. Kejutan terbaru pada tahun 2022 adalah proyek driver OpenChrome yang diharapkan akhirnya menjadi mainstream di Linux 5.20 untuk grafis VIA open-source bagi mereka yang masih menjalankan perangkat keras VIA x86 vintage. Upaya driver OpenChrome masih ada setelah lebih dari satu dekade dengan mencoba memberikan dukungan grafis open-source untuk perangkat keras VIA yang menua. Dalam beberapa tahun terakhir, proyek OpenChrome baru saja menjadi karya satu pengembang komunitas, Kevin Brace, yang mulai mempelajari kode dan terus mem-portingnya ke versi kernel yang lebih baru sambil juga membuat peningkatan bertahap pada basis kode. Kevin Brace berharap driver pengaturan mode kernel ini digabungkan untuk Linux 5.20 akhir musim panas ini. Dia mengakui kode itu “tidak cukup sempurna” tetapi berharap cukup baik untuk akhirnya di-upstream. Upaya penggabungan sebelumnya gagal karena status driver sebelumnya tidak mendukung pengaturan mode atom dan elemen lain yang hilang. Driver KMS ini setidaknya harus sebagus driver pengaturan mode ruang pengguna x86-video-openchrome yang sudah lama ada. Driver OpenChrome juga belum mendukung akselerasi 2D/3D. Rencananya, OpenChrome akan ditandai sebagai eksperimental setidaknya hingga akselerasi 2D diterapkan untuk semua perangkat keras yang didukung. Saat ini driver hanya akan digunakan jika parameter kernel via.modeset=1 dilewatkan saat booting kernel. Brace berharap untuk mendapatkan driver ini digabungkan ke dalam area Direct Rendering Manager kernel yang tepat dan tidak harus terlebih dahulu melalui area staging kernel. VIA kembali pada tahun 2008 ketika mereka mengumumkan niat driver Linux open-source. VIA belum membuat chipset x86 selama bertahun-tahun sekarang dan upaya driver open-source mereka sendiri tidak pernah berhasil, tetapi berkat Kevin Brace dan mantan pengembang komunitas OpenChrome akhirnya mungkin ada driver tampilan kernel arus utama pada tahun 2022.

Driver DRM OpenChrome mendukung menggerakkan tampilan untuk chipset VIA CLE266 / KM400 / K8M800 / P4M800 Pro / PM800 / P4M890/K8M890/P4M900 / CX700 / VX800 / VX855 / VX900. Pengaturan mode atom sekarang ada, GEM/TTM digunakan untuk manajemen memori, dukungan kepala ganda berfungsi, siaga/resume berfungsi, dan operasi dasar lainnya. Lihat posting milis ini sambil menunggu untuk melihat apakah OpenChrome akhirnya akan diarahkan ke kernel pada tahun 2022.

Itulah berita seputar Open-Source VIA Graphics Driver Berharap Dimainkan Untuk Linux 5.20, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.