OpenBSD 7.1 Dirilis Dengan Dukungan Apple Silicon “Siap”, Grafis AMD RDNA2

OpenBSD 7.1 diluncurkan pagi ini sebagai versi terbaru dari sistem operasi BSD yang populer dan berorientasi keamanan ini.
Fitur OpenBSD 7.1 terus bekerja pada dukungan Apple Silicon (Apple M1). Dengan OpenBSD 7.1, dukungan Apple Silicon sekarang dianggap “siap untuk penggunaan umum” dengan dukungan keypad/touchpad untuk laptop M1, driver pengontrol manajemen daya ditambahkan, driver pengontrol I2C dan SPI, dan berbagai tambahan driver lainnya untuk mendukung Apple Perangkat keras silikon.
OpenBSD 7.1 juga memiliki sejumlah peningkatan lain yang menguntungkan arsitektur 64-bit ARM (ARM64) dan RISC-V. OpenBSD 7.1 juga menghadirkan peningkatan kernel SMP, dukungan untuk futex dengan memori anonim bersama, dan banyak lagi. Di bagian depan grafis ada pembaruan kode DRM Linux terhadap keadaan yang ditemukan di Linux 5.15.26 serta sekarang mengaktifkan dukungan Intel Elkhart Lake / Jasper Lake / Rocket Lake. Di sisi AMD kini ada dukungan untuk APU Van Gogh, APU Rembrandt / Yellow Carp, dan GPU Navi 22/23/24. Dukungan driver grafis di antara sistem operasi BSD sebagian besar terus menjadi port dari kode driver grafis Linux open-source yang ada.
OpenBSD 7.1 menampilkan dukungan yang dapat digunakan pada grafis seri Apple Silicon dan AMD Radeon RX 6000, di antara peningkatan perangkat keras lainnya.

OpenBSD 7.1 dilengkapi dengan peningkatan VMM, dukungan DNSSEC dalam libc resolver, berbagai peningkatan dukungan perangkat keras Intel Jasper Lake dan Tiger Lake, dan IGC sekarang digabungkan sebagai driver untuk pengontrol Intel 2.5Gb Ethernet.
Unduhan dan daftar panjang OpenBSD 7.1 berubah secara penuh di OpenBSD.org.

Itulah berita seputar OpenBSD 7.1 Dirilis Dengan Dukungan Apple Silicon “Siap”, Grafis AMD RDNA2, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.