OpenSUSE Tumblewed Planning Akhirnya Mengakhiri Dukungan ReiserFS

  • Post author:
  • Post category:Linux

SUSE telah menjadi salah satu pendukung besar ReiserFS dua dekade lalu ketika menggunakan sistem file ReiserFS secara default tetapi praktik itu berakhir pada tahun 2006. Sementara SUSE/openSUSE belum default ke ReiserFS selama bertahun-tahun, itu tetap menjadi instalasi opsi -time dan dukungan yang dipertahankan untuk pemasangan sistem file ReiserFS, tetapi praktik itu kemungkinan akan segera berakhir.
Dengan Linux 5.18 memiliki ReiserFS yang tidak digunakan lagi dan berencana untuk menghapus kode kernel itu seluruhnya pada tahun 2025, SUSE akhirnya mendiskusikan rencana untuk menghapus dukungan untuk sistem file yang kedaluwarsa ini.
Sudah lama sejak ReiserFS relevan di SUSE/openSUSE atau distribusi Linux lainnya.

Jeff Mahoney sebagai Direktur Data & Kinerja SUSE Labs menyusun rencana pada hari Jumat untuk menghapus ReiserFS secara bertahap. Usulannya adalah menghapus paket ReiserFS dari openSUSE Tumbleweed segera dan juga menonaktifkan dukungan kernel ReiserFS segera.
Tindakan segera itu adalah untuk openSUSE Tumbleweed rilis bergulir sementara di sisi openSUSE Leap / SUSE Linux Enterprise jelas tidak akan melihat perubahan apa pun sampai rilis besar berikutnya.
Rencana untuk menjatuhkan ReiserFS di openSUSE Tumbleweed dapat ditemukan di opensuse-factory.

Itulah berita seputar OpenSUSE Tumblewed Planning Akhirnya Mengakhiri Dukungan ReiserFS, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.